Warta Sejarah Keislaman Tokoh Profil Opini Wawancara Ngalogat Adrahi Pustaka PWNU Download

Kader IPPNU Dinobatkan Sebagai Duta HAM dan Lingkungan Hidup

Kader IPPNU Dinobatkan Sebagai Duta HAM dan Lingkungan Hidup
Seha Yuliana, Duta HAM dan Lingkungan Hidup Kota Cirebon. (Foto: Dok. Pribadi)
Seha Yuliana, Duta HAM dan Lingkungan Hidup Kota Cirebon. (Foto: Dok. Pribadi)

Kota Cirebon, NU Online Jabar
Seha Yuliana, aktivis Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Cirebon terpilih sebagai Duta HAM dan Lingkungan Hidup Kota Cirebon. Ia bersama empat pelajar Cirebon lainnya dikukuhkan oleh Walikota Cirebon bertepatan degan Hari Pahlawan (10/11).  Seha adalah Ketua Pengurus Komisariat (PK) IPPNU SMK Presiden Kota Cirebon.

Sejak aktif di beberapa kegiatan kemanusiaan, Seha kemudian ikut tahap seleksi Duta HAM dan Lingkungan Hidup. Sampai akhirnya ia dinobatkan sebagai Duta Forum Pelajar Sadar Hukum Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat. Selain itu, di FPSH HAM Kota Cirebon, Seha aktif sebagai Sekretaris 1.

Seha mengatakan bahwa kunci dari keberhasilan adalah usaha keras, bukan mengharapkan sesuatu yang instan. Selain itu, kemauan dalam menjalani proses. Dari usaha dan proses itulah akan didapatkan hasil yang sesungguhnya.

"Kunci utamanya adalah selalu bersyukur atas hari ini dan esok. Barengi juga dengan ikhtiar, doa, dan tidak putus bershalawat,” ujar Seha. “Yakinlah Allah SWT akan memudahkan usaha kita," lanjutnya.

Melalui pengalaman dan prestasi yang diraihnya di kancah daerah dan provinsi, Seha berharap untuk dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membawa perubahan  pola pikir dan  perilaku pelajar untuk taat terhadap HAM dan lingkungan hidup di sekitarnya. Apalagi prestasinya itu ditunjang pula oleh kemampuannya dalam literasi dan publik speaking

Seha juga ingin mendorong agar para pelajar terbiasa menaati hukum dalam kehidupan sehari-hari. Ia antara lain ingin memberikan edukasi tentang bahayanya narkoba di lingkungan pelajar.

"Misalnya, pelajar itu bisa taat hukum dengan mencintai lingkungan. Seperti membuang sampah di tempatnya dan membiasakan membawa botol air minum ke manapun," jelasnya.

Pewarta: Renita
Editor: Iip Yahya