• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Taushiyah

KOLOM BUYA HUSEIN

Taushiyah Matsaba

Taushiyah Matsaba
Taushiyah Matsaba
Taushiyah Matsaba

Kemarin acara Matsaba, singkatan Masa Ta'arruf Santri Baru. Di banyak Pesantren. Para pengurus memintaku Taushiyah. Pertama-tama aku menyampaikan :


فَلَوْلَا نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَائِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ﴾ [ التوبة: 122]


"Seyogyanya dalam tiap komunitas ada orang-orang yang berangkat meninggalkan kampungnya untuk memperdalam pengetahuan tentang agama dan etika kemanusiaan. Dan kelak mereka kembali untuk memberikan pengetahuan itu kepada kaumnya, supaya mereka itu bisa mengendalikan emosi dan pikirannya untuk hal-hal yang baik."


Nabi bersabda ;


من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة. رواه مسلم


“Barang siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu pengetahuan, niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju ke surga, kebahagiaan. ” (HSR. Muslim)


"Pergilah mengembara mencari ilmu. Tinggalkan kampungmu. Kau akan menemukan banyak pengetahuan yang akan menjadi bekal bagi masa depanmu yang panjang".


Lalu aku menyampaikan nasehat Hasan al Bashri, sufi besar:


"Kau hanyalah beberapa hari. Bila satu hari pergi, hilang, maka hilang lah sebagian hidupmu, dan bila sebagian harimu hilang, maka boleh jadi seluruh harimu hilang". Masa depanmu adalah hari inimu. Jangan sia-siakan.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Taushiyah Terbaru