• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Bandung

10 Bus Kader Fatayat NU Kabupaten Bandung Berangkat Ziarah ke Makam Syech Abdul Manaf  

10 Bus Kader Fatayat NU Kabupaten Bandung Berangkat Ziarah ke Makam Syech Abdul Manaf  
Fatayat NU Kabupaten Bandung berfoto pasca Ziarah di Makam Syech abdul Manaf (Mahmud). (Foto: NU Online Jabar/Bambang Melga).
Fatayat NU Kabupaten Bandung berfoto pasca Ziarah di Makam Syech abdul Manaf (Mahmud). (Foto: NU Online Jabar/Bambang Melga).

Kabupaten Bandung, NU Online Jabar
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung menggelar kegiatan ziarah Kubro ke Makam Syech Abdul Manaf pada Sabtu (09/03/2024) yang bertempat di Kampung Adat Mahmud Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung-Jawa Barat.


Ketua Fatayat NU Kabupaten Bandung Hj Yayu Juariyah mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diikuti 600 kader Fatayat se-Kabupaten Bandung dengan menggunakan 10 Bis. Ia menjelaskan ziarah kubur ini bertujuan untuk napak tilas perjuangan para pendiri NU agar para generasi muda NU tidak kehilangan jejak.


"Agenda Ziarah ke makam auliya ini, sebagai bentuk rasa Syukur kepada Alloh SWT, dengan telah Sukses Fatayat dalam mengawal pemilu legislatif dan pemilihan Presiden di pemilu  2024, yang terselenggara dengan Aman, tertib dan kondusive. Di samping itu agenda Ziarah ini, merupakan bagian dari program organisasi yang bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan para muassis, yang banyak berjasa pada kaum nahdliyin dalam menggelorakan cinta tanah air," kata Bunda sebutan Akrab Ketua Fatayat NU.


Menurutnya, ziarah ke makam para auliya juga merupakan salah satu upaya untuk meraih keberkahan sekaligus menjalin silaturahim antar pengurus agar dalam perjalanan perkhidmatan kepada NU untuk senantiasa kompak.


“Semoga dengan kegiatan Ziarah Kubro  ini Fatayat Bandung mendapatkan keberkahan dan menambah ghirah dalam melanjutkan perjuangan menegakkan agama Allah Swt," katanya.


Ia berharap, melalui kegiatan ini warga nahdliyin khususnya Fatayat dapat napak tilas merenungi dan mengambil hikmah nilai-nilai perjuangan para kiai dan ulama dalam mengembangkan paham Ahlussunnah wal Jamaah.


Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Fatayat NU Kabupaten Bandung Susanti menjelaskan, tujuan diadakannya ziarah adalah untuk menambah mahabbah dan mengharap barakah kepada para auliya, juga masyayikh NU.


“Mendekatkan diri pada Allah SWT dan mengenang jejak juang para masyayikh, ngecas hati dan pikiran agar selalu ingat kematian. Selain itu, dan supaya kita selamat serta husnul khatimah dalam khidmat di Fatayat NU,” terangnya.


"Sebelumnya para peserta ziarah Kubro menuju makam Mahmud, rombongan keluarga besar Fatayat ini ikut melaksanakan istighasah kubro Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Barat, Kemenag Jawa Barat, MUI dan BAZNAS di Halaman Gedung sate, yang di hadiri oleh Ribuan Jamaah se Jawa Barat. dan Allhamdulilah, Kader Fatayat Kecamatan Nagreg dan Rancaekek mendapat Doorprize Umroh," pungkasnya.


Kabupaten Bandung Terbaru