• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Obituari

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok Meninggal Dunia

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok Meninggal Dunia
Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok Meninggal Dunia. (Foto: NU Online Jabar)
Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok Meninggal Dunia. (Foto: NU Online Jabar)

Depok, NU Online Jabar
Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, telah meninggal dunia Abuya KH Zainuddin Ma'shum Ali menjabat sebagai Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Depok masa khidmah 2019-2024. Almarhum juga menjabat sebagai Rais Robi Ifadliyyah Idarah Aliyah Jatman masa khidmah 2018-2023.


Almarhum merupakan kiai kelahiran Turan, Malang, Jawa Timur yang lahir pada tanggal 5  Oktober 1941 dan menghembuskan nafas pada Sabtu 29 Juli 2023 bertepatan dengan 11 Muharram 1445 H pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Sentra Medika Cimanggis. 


Info tersebut dibenarkan oleh Kiai Abdul Rasyid yang menjadi menantu almarhum Abuya Zainuddin yang juga menjadi Wakil Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Kiai Abdul Rasyid.


"Assalamu'alaikum Wr. Wb Innalillahi wa Innailahi Rojiun. Turut berduka cita, telah berpulang ke rahmatullah Abuya KH Zainuddin Ma'shum Ali Mustasyar Pesantren Al-Hamidiyah. Mohon dimaafkan segala segala salah dan khilafnya. Semoga almarhum husnul khotimah, diampuni dosanya, diterima segala amalnya dan ditempatkan sebaik-baiknya tempat di sisi Allah SWT,” ucapnya.


Almarhum akan disholatkan pada Jam 09.00 di Pesantren Al-Hamidiyah Depok dan akan dikebumikan di area tanah wakaf Pesantren Almarhum berlokasi di Pondok Jaya Cipayung Depok. 


Almarhum mengkhidmahkan dirinya di Pesantren Al-Hamidiyah Depok sejak tahun 2000 menjadi pengasuh pesantren dan jelang akhir hayatnya menjadi Mustasyar (Penasehat). 


Salah satu peran Abuya KH Zainuddin saat menjadi Pengasuh di Pesantren Al-Hamidiyah adalah dapat menghadirkan Abah Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Rumah Dinas dan mendapatkan baiat khusus Thariqah Syaziliyah.


"Baiat khusus dari Abah Maulana Habib Luthfi bin Yahya berkat wasilah Abuya KH Zainuddin Ma'shum Ali saat itu di tahun 2008," ucap Ustadz Nurhasan yang pernah menjadi Katib Almarhum 


Almarhum juga merupakan tokoh ulama yang selama hidupnya gigih berdakwah. Hampir 25 tahun masa muda didedikasikan untuk berdakwah di Nias, Indonesia Timur.


Almarhum juga merupakan kiai yang aktif di Basolia (Badan Sosial Lintas Agama) Kota Depok. Kiai yang mengedepankan Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Basyariyah hingga akhir hayatnya. 


Pewarta: Abdul Mun'im Hasan


Obituari Terbaru