Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Prasangka Buruk Akar Konflik

Prasangka Buruk Akar Konflik
Ilustrasi: NUO.
Ilustrasi: NUO.

Dari mana dan mengapa belakangan ini relasi antar manusia tampak kurang menggembirakan dan mencemaskan. Aku bilang, itu berasal dari pikiran buruk sangka. 


Para bijakbestari mengatakan. 


 مهما رأيت إنسانًا يسيء الظن بالناس طالبًا للعيوب، فاعلم أنه خبيث الباطن .وسيئ الظن. والظن السيئ يزرع الشقاق بين المسلمين، ويقطع حبال الأخوة، ويمزق وشائج المحبة، ويزرع العداء والبغضاء والشحناء


"Manakala kamu melihat orang yang berburuk sangka terhadap orang lain seraya mencari-cari keburukannya, maka dia orang yang berhati buruk. Buruk sangka itu menanamkan potensi konflik/permusuhan antar kaum muslim, memutus ikatan persaudaraan, merobek-robek hubungan kasih sayang, menciptakan permusuhan, kebencian dan dendam,".


Sementara Platon mengatakan : 


سوء الخلق من استعمال سوء الظن، لأنَّ من استعمل سوء الظن فسد عيشه وساء خلقه.


"Budi pekerti yang buruk berasal dari mengamalkan suuzhon (buruk sangka). Orang yang buruk sangka hidupnya sedang kacau dan pekertinya buruk,".


Semua agama dan etika kemanusiaan melarang suudzan, mencari-cari kekurangan orang, bikin hoax dan mengadu domba.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×