• logo nu online
Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 22 September 2023

Garut

Dai Kondang dan Mustasyar PBNU Dijadwalkan Hadiri Maulid Nabi SAW di Ponpes Al-Huda Garut, Catat Jadwalnya

Dai Kondang dan Mustasyar PBNU Dijadwalkan Hadiri Maulid Nabi SAW di Ponpes Al-Huda Garut, Catat Jadwalnya
Dai Kondang dan Mustasyar PBNU Dijadwalkan Hadiri Maulid Nabi SAW di Ponpes Al-Huda Garut, Catat Jadwalnya.
Dai Kondang dan Mustasyar PBNU Dijadwalkan Hadiri Maulid Nabi SAW di Ponpes Al-Huda Garut, Catat Jadwalnya.

Garut, NU Online Jabar
Tidak saja sudah menjadi kebiasaan, tetapi sudah menjadi suatu keharusan jika berada di bulan Rabiul Awal, setiap pondok pesantren pasti akan mengadakan perayaan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Termasuk juga Pondok Pesantren Al-Huda yang berlokasi di Tarogong Garut.


Sebagai salah satu Pesantren ternama di Kabupaten Garut tersebut juga akan mengadakan kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang dikemas bersamaan dengan kegiatan Haul Para Masyayikh, Reuni Akbar Alumni Ponpes Al-Huda, serta Peringatan Hari Santri Nasional, yang rencananya akan digelar besok hari, tepatnya pada Ahad (23/10). 


Rencana perayaan maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H tersebut setidaknya sudah tersebar satu minggu sebelumnya dan sudah tersebar luas di group-group WhatsApp warga nahdliyin Kabupaten Garut. Yang menarik dan akan menjadi daya tarik warga nahdliyin Kabupaten Garut adalah rencana kehadiran dai kondang warga nahdliyin yakni KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) dan Mustasyar PBNU, KH Muhammad Nuh Addawami.


Selain itu, para tokoh  penting di Nahdlatul Ulama di Kabupaten Garut pun dipastikan akan hadir, seperti para pengurus PCNU Kabupaten Garut, para pengurus MWC NU di lingkungan Kabupaten Garut, Lembaga maupun Banom NU, serta para muhibbin Ponpes Al-Huda.


Dari pantauan NU Online Jabar, didapat tokoh-tokoh lainnya yang akan hadir adalah Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Ketua Lembaga Dakwah NU (LDNU) Jawa Barat Drs. Habib Umar bin Husain Assegaf, Qori Nasional KH Ii Nurjaman, serta KH Abdalloh Nawwawi.


Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Garut  Aceng Muhammad Rifki Bannany melalui sambungan telepon menjelaskan, pertimbangan Ponpes Al-Huda menghadirkan Gus Muwafiq sebagai penceramahnya adalah karena dakwahnya yang toleran, nasionalis, dan paham akan sejarah keislaman.


“Pertimbangan Ponpes Al-Huda menghadirkan Gus Muwafik sebagai penceramah karena dakwahnya yang toleran, nasionalis, dan faham akan sejarah tentang Islam dan ke NU an. Selain itu juga, sudah menjadi kebiasaan bagi Ponpes Al-Huda dalam melaksanakan peringatan Haul Para Masyayikh adalah dengan menghadirkan tokoh-tokoh NU. Jika diingat, tokoh NU sekelas KH Abdurahman Wahid, KH Hasyim Muzadi, dan yang lainnya pernah hadir di Ponpes Al-Huda,” jelasnya.


Menurut Ceng Rifki, kehadiran KH Muhammad Nuh Addawami yang kini menjabat sebagai Mustasyar PBNU dalam setiap kegiatan di Ponpes Al-Huda merupakan tanda khidmatnya beliau kepada Ponpes Al-Huda.


“Sebagaimana diketahui, KH Muhammad Nuh Addawami yang kini menjabat sebagai Mustasyar PBNU merupakan santrinya Mama Sirojuddin. Oleh karena itu, setiap kegiatan Ponpes Al-Huda, terlebih dalam acara haul para Masyayikh Al-Huda, beliau selalu menyempatkan hadir” tandasnya.


Pewarta: Rudi Sirojudin Abas
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Garut Terbaru