Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Laki-laki Juga Membuat Gelisah Perempuan: Kisah Nabi Yusuf AS

Laki-laki Juga Membuat Gelisah Perempuan: Kisah Nabi Yusuf AS
Ilustrasi: NUO.
Ilustrasi: NUO.

Seorang teman minta diceritakan kisah Nabi Yusuf AS yang terkenal ketampanannya itu. Kisah dimana laki-laki dikejar-kejar, menggelisah hati, mengganggu tidur dan bikin "semaput" kaum perempuanjuga disebutkan al-Qur’an.


Dalam al-Qur’an, surah Yusuf, ada cerita tentang Imra-ah al-‘Aziz, isteri pejabat Mesir, (dikenal sebagai Siti Zulaikha), yang mabuk kepayang pada Yusuf A.S. yang di kemudian hari  menjadi Nabi itu. 


Nabi Yusuf dikenal luas sebagai pemilik postur tubuh indah dan wajah amat tampan. Keelokan parasnya dan kegagahan tubuhnya telah menggelisahkan hari-hari Zulaikha. Hasratnya menggebu-gebu. “Qad Syaghafaha Hubban”. (Sesungguhnya, cintanya kepada bujangnya itu sangat mendalam)..


“Yusuf berkata: "Dia menggodaku untuk menundukkan diriku (kepadanya)", [Q.S. Yusuf, [12]:.26)
Bukan hanya Zulaikha, perempuan-perempuan yang diundang ke rumahnya juga terpesona melihat tubuh dan ketampanan Yusuf.


Al-Qur’an menyatakan : 


فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَٰذَا بَشَرًا إِنْ هَٰذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ


"Manakala perempuan-perempuan itu melihatnya (Yusuf), mereka terpesona pada keindahan rupanya. Dan mereka melukai jari tangannya, dan berkata: Aduhai sempurnanya, ini bukanlah manusia. Ia pastilah malaikat).(Q.S. [12]:31) .


Pesona Yusuf, membuat mereka tak sadar, kehilangan diri. Pisau tajam di tangannya telah melukai jari-jarinya.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×