Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Ajengan Yayan Bunyamin Ungkap 4 Kiat Sukses dalam Dua Ayat Pertama Surat Al-Quraisy

Ajengan Yayan Bunyamin Ungkap 4 Kiat Sukses dalam Dua Ayat Pertama Surat Al-Quraisy
KH Yayan Bunyamin. (Foto: Ilham Abdul Jabar).
KH Yayan Bunyamin. (Foto: Ilham Abdul Jabar).

Tasikmalaya, NU Online Jabar 
Kesuksesan adalah dambaan semua orang, disadari atau pun tidak, setiap doa apapun yang kita panjatkan, pasti ujung-ujungnya menyelipkan doa populer yang diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 201:

 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Selain doa yang dipanjatkan, kita juga harus ada upaya yang dilakukan. Berikut empat (4) kiat kesuksesan dalam dua ayat pertama Surat Al Quraisy dari Ajengan Yayan Bunyamin, singa muda Aswaja dari Tasikmalaya.

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ - ١

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ - ٢

 

Kiai yang akrab disapa Kang Yamin mengungkapkan, bahwa dalam dua ayat pertama Surat Al-Quraisy ada empat kiat kesuksesan. 

 

Pertama لِاِيْلٰفِ (Habit / Kebiasaan)

 

Menurutnya, hal apapun yang selalu terbiasa atau sudah menjadi tradisi, itu akan berdampak refleksi dalam tubuh dan akan selalu dilaksanakan. "Mau mau berbisnis, harus dibiasakan. Mau sukses dalam berorganisasi, harus dibiasakan," katanya yang juga sebagai Direktur Aswaja Center Tasikmalaya. 

 

Kedua قُرَيْشٍۙ

 

Kiai Yayan menjelaskan, maksud filosofis dari istilah Quraisy tersebut ialah nama untuk satu kabilah di jazirah Arab yang terkenal dalam komitmen terhadap janjinya, dan juga paling baik dalam melayani tamu nya.

 

"Artinya apa ? Jaga citra dan nama baik. Jangan sampai melakukan hal yang memang meruntuhkan nama baik, baik itu nama baik pribadi, perusahaan, organisasi dan yang lainnya. 

 

Ketiga رِحْلَةَ (bepergian)

 

"Artinya apa? Networking, jaringan. perluas jaringan dan kenalan, karena dengan banyaknya kenalan dan relasi, pengetahuan dan rejeki pun akan meningkat. mustahil kesuksesan dirai oleh orang orang yang tidak punya sahabat dan kenalan banyak. Kalau kata kang Yamin mah Hirup teh Ulah Ku'uleun (jangan diam diri)," paparnya.

 

Keempat الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْف (bepergian pada musim dingin dan musim panas)

 

"Apa maksudnya ? Bukan holidin holidin (plesetan sari Holiday). Tapi, kita tahu sendiri bahwa kaum Qurais itu, jika musim dingin mereka akan pergi ke yaman untuk menjual manik manik, kain, -mingkin- jaket dan yang lainnya. Jika musim panas, kaum Qurais akan pergi ke Syam, untuk membeli palawija dan buah buahan," tambah Kang Yamin.

 

Selain itu, ia yang juga instruktur Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) menjelaskan, pentingnya memahami situasi dan kondisi (sikon), kita bergerak menuju kesuksesan diri. Kemudian, jangan lupa lihat situasi dan kondisi, agar bisa melihat peluang apa yang bisa dilakukan dalam kondisi tertentu. "Jangan sampai di musim dingin berjualan Es Doger dan di musim panas berjualan bajigur, itu contoh tipikal orang yang tidak tahu medan juang atau sikon," tandas Kang Yamin.

 

Untuk diketahui, empat kiat sukses ini disampaikan saat Kang Yamin menjadi narasumber dalam acara Latihan Kader Dasar (LKD) yang digelar oleh Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tasikmalaya, di Hotel Grand Metro Senin (31/1).

 

Pewarta Ilham Abdul Jabar
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×