• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Taushiyah

RAMADHAN

Kultum Ramadhan: Keutamaan Bagi Mereka yang Menimbal Ilmu

Kultum Ramadhan: Keutamaan Bagi Mereka yang Menimbal Ilmu
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)

Sudah kita maklumi bersama bulan Ramadan adalah bulan untuk kita meningkatkan amal kita. Bahkan di bulan Ramadan umat Islam bukan saja meningkatkan ritual-ritual ibadah tapi, juga Ramadan sering kita jadikan momentum untuk meningkatkan keilmuan kita. Sehingga dapat kita saksikan maka semangat umat Islam untuk belajar, semangat umat Islam untuk menuntut ilmu pun akan bertambah dan meningkat. 


Kita saksikan di masjid-masjid setiap bulan Ramadan akan diisi dengan berbagai kajian-kajian ilmu. Tentu ini sesuatu hal yang sangat baik yang harus kita lakukan, mengapa? Karena bulan Ramadan selain sebagai syahrul ‘adzim , sayhrul mubarokah tapi Ramadan juga sebagai syahrut tarbiah (bulan pendidikan) yang di antaranya adalah kita jadikan Ramadan ini untuk meningkatkan kapasitas ilmu kita terutama ilmu berkaitan dengan agama ilmu yang berkaitan dengan syariat yang harus kita tingkatkan di bulan Ramadan ini.


Lantas Apa keutamaan bagi mereka yang menimba ilmu khusus nya di bulan Ramadan?


Saudaraku yang dirahmati Allah subhanahu wa taala kita tahu bahwa mencari ilmu merupakan salah satu kefarduan. Kata nabi bahwa mencari ilmu itu adalah kefarduan bagi setiap Muslim baik Muslim laki-laki maupun Muslim perempuan.


Selain itu ada banyak sekali keutamaan ilmu yang pertama keutamaan ilmu adalah merupakan warisan para nabi. Para nabi dan rasul tidak mewarisi kita harta, tidak mewarisi kita emas dan berlian, tapi yang diwariskan oleh para nabi kepada kita adalah ilmu.  Maka, kita sebagai umat Nabi sudah selayaknya kita mewarisi apa yang telah diwariskan oleh Rasulullah Saw yakni ilmu.


Kemudian yang kedua, keutamaan orang yang mencari ilmu adalah dia akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah Swt, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an surat Al Mujadalah ayat 11:


يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ 


“Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al Mujadalah: 11)


Allah Swt akan mengangkat derajat beberapa tingkat lebih tinggi bagi orang-orang yang beriman dan juga orang-orang yang berilmu sehingga dengan kita menuntut ilmu maka Allah subhanahu wa taala akan meninggikan derajat kita semua. 


Selain itu saudaraku yang dirahmati Allah subhanahu wa taala mencari ilmu agama juga menjadi satu cara satu jalan untuk kita meraih keselamatan. Sebagaimana dikatakan bahwa ketika Allah subhahu wa taaend kebaikan seseorang, maka ia akan memberikan kepahaman terhadap agama. Kita tidak akan mampu memahami agama kecuali dengan kitai dengan kita mencari ilmu.


Kemudian berikutnya keutamaan kita menimba ilmu mencari ilmu khususnya di bulan Ramadan ini bahwa ilmu merupakan investasi abadi, ilmu merupakan investasi untuk jangka depan, mengapa? Karena ilmu akan memberikan manfaat bagi pemiliknya bukan saja pada saat dia masih hidup di dunia ini bahkan ketika dia sudah wafat pun dia akan terus mendapatkan kebaikan dari ilmu yang dimilikinya.


Sebagaimana dalam sebuah hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda: 


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ 


“Ketika seorang manusia meninggal dunia, maka amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mau mendoakannya. “ [Hadits diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Abu Dawud, Imam an-Nasa`i, dan Imam Ibnu Hibban bersumber dari Sayyidina Abu Hurairah ra.]


Dalam arti dia tidak lagi bisa melakukan amal-amal, akan tetapi ada kebaikan yang akan terus mengalir yakni dari tiga hal yang pertama adalah yang pahalanya akan terus mengalir kebaikannya akan terus mengalir yakni shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang senantiasa mendoakan. 


Di dalam hadis ini Rasulullah Saw menyebutkan bahwa di antara yang kebaikannya akan terus mengalir meskipun dia sudah tidak lagi bisa melakukan amal yakni ilmu yang bermanfaat, ketika dia memiliki ilmu lalu kemudian ilmu itu dia manfaatkan, ilmu itu dia sebarkan ilmu itu diajarkan kepada yang lainnya maka itu akan memberikan kebaikan kepada dia secara terus-menerus bahkan meskipun dia sudah wafat.


Setidaknya itulah beberapa keutamaan menimba ilmu khususnya di bulan Ramadan ini. Oleh karena itu saudaraku yang dirahmati Allah Swt Mari kita jadikan bulan Ramadan ini sebagai momentum untuk kita meningkatkan kapasitas ilmu kita, khususnya dalam hal ilmu agama dengan cara apa? Mari kita hadiri setiap majelis-majelis ilmu kita timba ilmu dari para ulama dari para asatid yang akan terus mencurahkan ilmunya kepada kita. Wallahu a’lam...


Taushiyah Terbaru