• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Ngalogat

KOLOM KH IMAM NAKHA'I

Tafsir Surat An-Naba' Ayat 31-33

Tafsir Surat An-Naba' Ayat 31-33
Tafsir Surat An-Naba' Ayat 31-33
Tafsir Surat An-Naba' Ayat 31-33

إِنَّ لِلۡمُتَّقِینَ مَفَازًا ۝٣١ حَدَاۤىِٕقَ وَأَعۡنَـٰبࣰا ۝٣٢ وَكَوَاعِبَ أَتۡرَابࣰا ۝٣٣  [النبأ]


Maknanya: Sungguh ada tempat kebahagian bagi orang orang yang bertaqwa, yaitu kebun kebun yang dipenuhi buah buah anggur, dan gadis gadis yang bundar menonjol buah dadanya, yang memiliki usia yang sama.


Lafadl "كواعب " adalah bentuk jama' dari kata " كاعب " yang secara bahasa bermana " بدا للنهود " tampak untuk bangkit. Jika dikatakan " كتبت الجارية"  maka artinya gadis itu telah tampak menonjol payudaranya. Ka'bah disebut Ka'bah karena ia menonjol di antara bukit bukit. Sebagaimana bagian pergelangan kaki yang menonjol keluar disebut ka'bun.


Alhasil orang yang bertaqwa akan mendapatkan keberuntungan, yang salah satunya adalah "كواعب ", yang diartikan gadis gadis yang menonjol buah dadanya. 


Mendengar itu, istri saya bertanya. Lah kalau saya dapat apa? Saya menjawab, ya salah satunya mendapatkan juga sesuatu yang menonjol, tapi agak di bawah payudara.


Ayat ayat tentang surga yang digambarkan seperti itu oleh banyak ayat ayat Al Qur'an, sesungguhnya disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat Arab ketika itu. 


Jangan lupa Al Qur'an juga menggambarkan kenikmatan yang jauh lebih besar dari semua itu, untuk orang orang khusus, yaitu bertemu Allah dengan wajah yang berseri seri.


KH Imam Nakha'i, salah seorang Wakil Ketua LBM PBNU


Ngalogat Terbaru