Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Desember Bulan Gus Dur

Desember Bulan Gus Dur
Desember Bulan Gus Dur
Desember Bulan Gus Dur

Desember adalah bulan Gus Dur dan bulan Maulana Rumi. Karena pada bulan ini dua tokoh besar dunia itu wafat, pulang ke Asal.


Gus Dur mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, pada Rabu 30 Desember 2009, pukul 18.45 WIB. Sementara Maulana Rumi wafat tgl 17 desember 1273 M di Konya, Anatolia, Turki.


Kematian dua tokoh besar dunia kemanusiaan itu membuat manusia tanpa sekat-sekat identitas primordial dan agama/keyakinan menangis tersedu-sedu dan berduka berbulan-bulan. Bahkan burung-burung dan bunga-bunga musim semi menyimpan pilu yang mendalam dan rindu dendam yang menusuk-nusuk kalbu.


Bila bulan ini tiba, kerinduan ribuan bahkan jutaan manusia kepada kedua kekasih Tuhan itu mencekam dan menggamit relung jiwa. Mereka berbondong-bondong menuju rumah peristirahatan abadi mereka.


Suara-suara : Gus Dur, Gus Dur, oh Gus Dur
Ya Maulana, ya Maulana, ya Maulana
Menebar di mana-mana dalam nada-nada pilu
Dan bola mata-bola mata mengembang embun lalu menetes satu satu


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×