• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Garut

Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Pentingnya Anak Lanjutkan Sekolah Ke Madrasah

Sekretaris MWCNU Leles Garut Ungkap Pentingnya Anak Lanjutkan Sekolah Ke Madrasah
Kegiatan Tadarus dan Shalat Dhuha
Kegiatan Tadarus dan Shalat Dhuha

Garut, NU Online Jabar
Menjadi sebuah keniscayaan, jika menjelang akhir tahun kalender pendidikan, setiap sekolah atau madrasah melaksanakan kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seperti halnya yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Fitri Leles yang beralamat di Jalan Raya Leles Belakang Masjid Besar Kecamatan Leles yang sudah mulai menerima penerimaan calon peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2024-2025. 


Terkait hal itu, sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Leles H Rudi Sirojudin Abas mengungkap tiga keuntungan melanjutkan sekolah ke madrasah. 


"Pertama, keuntungan sekolah di madrasah yakni lebih mendapatkan ilmu agama yang lebih. Jika di sekolah umum, materi pendidikan agama Islam itu terbatas. Sementara di madrasah itu lebih banyak, seperti terbagi ke dalam mapel Al-Qur'an hadis, fikih, sejarah kebudayaan Islam (SKI), akidah akhlak, dan bahasa Arab. Apalagi jika ada mapel agama tambahan seperti halnya di MTs Darul Fitri yang ada nahwu shorof dan safinahnya jelas menambah keuntungan tersendiri," ucapnya kepada NU Online Jabar, Sabtu (2/3/2024). 


Keuntungan kedua sekolah di madrasah menurut pria yang akrab disapa Kang Rudi yakni mempunyai kesempatan untuk mengamalkan kegiatan keagamaan secara lebih. 


"Biasanya pembiasaan kegamaan sebelum pembelajaran di madrasah yakni shalat dhuha dan tadarus Al-Qur'an.  Namun, di MTs Darul Fitri pembiasaan itu sangat istimewa mengingat dilaksanakannya di Masjid Besar Kecamatan Leles yang satu komplek dan satu nadzir wakaf dengan Darul Fitri. Dari hal itulah maka kemungkinan siswa menjadi pecinta masjid dan Al-Qur'an sangat terbuka lebar," tuturnya. 


Keuntungan ketiga tambah Kang Rudi yakni sebagai sarana untuk melanggengkan amal kebaikan bagi para pendiri madrasah. 


"Perlu diketahui bahwa madrasah MTs Darul Fitri yakni madrasah hasil dari wakaf yang didirikan oleh tokoh agama di wilayah Kecamatan Leles seperti (alm) KH Atje Abdur Rasjid, (alm) KH Ase, (alm) H Atjeng ZA, (alm) H Kholil, dan H Tamdjid. Semoga mereka, pendiri yang sudah wafat diberikan kenikmatan kubur oleh Allah SWT atas apa yang telah mereka kerjakan," imbuhnya. 


"Dengan demikian, secara tidak langsung jika ada orangtua yang menyekolahkan puteranya ke madrasah itu artinya sudah memberikan pahala kepada mereka, pendiri, atau pemberi wakaf. Namun sebaliknya, jika enggan menyekolahkan ke madrasah, sama artinya secara tidak langsung sudah memutus pahala orang yang mewakafkan tanah dan bangunan untuk madrasah," tambah Kang Rudi. 


Atas dasar itulah Kang Rudi berharap semua warga MTs Darul Fitri percaya diri dan mempunyai optimisme yang tinggi dalam mengajak masyarakat untuk menyekolahkan para putera-puterinya ke MTs Darul Fitri. 


"Dengan tiga alasan yang disebut di atas, kami harap sebagai warga madrasah, kami semua tidak akan pernah malu, bahkan akan tetap optimis dan percaya diri untuk mengajak masyarakat menyekolahkan putera-puterinya ke MTs Darul Fitri," tegas pria yang sudah 20 tahun mengajar di Darul Fitri itu. 


"Menyekolahkan putera-puteri ke madrasah juga bagian dalam mempersiapkan amal untuk bekal nanti di akhirat," tandas Kang Rudi. 


Dalam kesempatan tersebut, ia mengutip firman Allah SWT dalam surat Al-Hasyr ayat 18:


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ  


Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS al-Hasyr [59]: 18).


Sebagai informasi, MTs Darul Fitri menerima juga siswa pindahan untuk kelas 8 dan atau kelas 9. Bagi mereka yg berasal dari luar daerah Leles, pihak madrasah menyediakan pondok-pondok pesantren yg telah bekerja sama dengan madrasah sebagai tempat tinggal siswa. 


Untuk pendaftaran bisa langsung datang ke MTs Darul Fitri yang beralamat di Jalan Raya Leles Belakang Masjid Besar Kecamatan Leles atau bisa juga menghubungi nomor Whatsapp 085 294 931 173 H Rudi Sirojudin Abas, 0858-6187-5928 a.n Ustadz Asep Gunawan, 0857-2213-5442 a.n Hidayat, dan 0899-2027-058 a.n Daris Suryana.


Garut Terbaru