• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Garut

Fungsi Menara Masjid Menurut Aceng Dudum 

Fungsi Menara Masjid Menurut Aceng Dudum 
Fungsi Menara Mesjid Menurut Aceng Dudum 
Fungsi Menara Mesjid Menurut Aceng Dudum 

Garut, NU Online Jabar
Sebagai orang yang beragama, pastinya kita melakukan peribadatan di tempat ibadah. Khususnya sebagai muslim, layaknya kita melaksanakan ibadah di tempat ibadah yang kita kenal dengan masjid. Pada umumnya setiap masjid menggunakan menara mesjid, namun sebagian dari kita mungkin masih bingung fungsi dari Menara masjid tersebut untuk apa?


Berkaitan dengan hal tersebut, KH Aceng Dudum Abdussalam jelaskan fungsi dari Menara masjid saat bertemu di Pondok Pesantren Fauzan Kp. Fauzan 05/05 Desa/Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut – Jawa Barat. Jum’at (11/11) sore.


Kiai yang akrab disapa Aceng Dudum tersebut menjelaskan fungsi dari menara mesjid berdasarkan penjelasan yang ia terima dari almarhum wal magrfulah ayahandanya KH Muhammad bin Syekh Muhammad Umar Bashri bin Syekh Muhammad Adzro’i yang merupakan sesepuh Pondok Pesantren Fauzan saat itu.


Menurutnya, Menara masjid merupakan media syiar agama bagi kaum muslimin yang hendak beribadah, karena tidak sedikit dari kita saat akan beribadah sering mengalami kesulitan saat mencari masjid. Hal demikian terjadi karena bangunan masjid dengan bangunan lainnya tidak jauh berbeda. Sehingga untuk memudahkan kaum muslimin yang hendak beribadah di masjid dibuatlah menara tersebut.


Aceng Dudum mengilustrasikan Menara masjid sebagaimana halnya iklan yang dilakukan oleh para pengusaha. Biaya iklan atau promosi yang dikeluarkan oleh para pengusaha menurutnya tidak kurang dari 20%-30%. Walau biaya yang dikeluarkan cukup besar namun dampaknya juga cukup besar dalam menarik minat para konsumen. Begitu pula dengan Menara masjid, biaya untuk membangun Menara sendiri tidak jauh dengan biaya promosi bagi para pengusaha.


“Menara masjid tidak jauh berbeda dengan media promosi atau iklan yang dilakukan oleh para pengusaha, walau jarang ditempati tapi hal tersebut sebagai syiar untuk orang-orang yang hendak beribadah.” Jelas pria yang juga sesepuh Pondok Pesantren Mambaul Faizin (Fauzan VI) yang terletak di Kp. Cipelah Desa Tambak Baya Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut-Jawa Barat.


Selain sebagai media promosi, Menara masjid juga memiliki fungsi seni sebagai hiasan dan juga tempat menyimpan speaker untuk mengumandangkan adzan.


Pewarta: Muhammad Salim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Garut Terbaru