• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bandung

Rais Syuriah PCNU Kota Bandung: Makmurkan Bumi dengan Akidah Aswaja An-Nahdliyah

Rais Syuriah PCNU Kota Bandung: Makmurkan Bumi dengan Akidah Aswaja An-Nahdliyah
Rais Syuriah PCNU Kota Bandung KH Khoiruddin Aly. (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).
Rais Syuriah PCNU Kota Bandung KH Khoiruddin Aly. (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).

Kota Bandung, NU Online Jabar 
Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung KH Khoiruddin Aly menceritakan saat dirinya mengetahui tema Harlah ke-100 tahun NU yakni Merawat Jagat Membangun Peradaban. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan pesan Allah SWT melalui Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 105: 


...اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ ۝١


Artinya: Bumi ini diwarisi bukan oleh mereka yahudi dan nasrani tetapi kitalah yang mewarisi bumi ini,". 


"Itulah yang mendorong kita tentunya untuk bisa memakmurkan bumi dengan akidah Ahlusunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah Wasathiyah," jelasnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelantikan dan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) I PCNU Kota Bandung 2024-2029, Sabtu (2/3/2024).


Dalam kesempatan tersebut, Kiai Khoiruddin mengutip salah satu hadits Nabi Muhammad SAW: 


وَخَيْرُ اْلأَعْمَالِ أَوْسَطُهَا وَدِيْنُ اللهِ بَيْنَ الْقَاسِىْ وَالْغَالِىْ 


"Sebaik-baiknya perkara itu adalah yang tengah-tengah dan agama Allah itu diantara الْغَالِىْ: relatif , الْقَاسِىْ  : spontan,". 


"Kita tidak berdiri pada yang الْغَالِىْ: relatif, sebab nanti akan muncul dari situ islam yang lebih mendahulukan akal."tuturnya. 


"Kita bukan di wilayah الْغَالِىْ, bukan diwilayah الْقَاسِىْ tetapi kita wasatiyyah mengayomi kedua belah pihak dan inilah tantangan bagi pengurus baru PCNU Kota Bandung," ungkap Kiai yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung tersebut.


Kiai Khoiruddin juga  mengajak terutama pada pondok pesantren yang di Kota Bandung untuk memasang label NU agar jelas ke-NU-annya. 


Selain itu, Kiai Khoiruddin mengungkapkan bahwa NU di kota Bandung seperti bersembunyi di tempat yang terang. "Mudah-mudahan ke depan NU di Kota Bandung bisa bangun kembali, kita hidupkan kembali orang yang sudah NU, dan NU lebih maju kembali," pungkasnya.


Kota Bandung Terbaru