• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Taushiyah

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

Antara Cahaya dan Kegelapan

Antara Cahaya dan Kegelapan
Antara Cahaya dan Kegelapan
Antara Cahaya dan Kegelapan

Dalam kehidupan dunia dijumpai berbagai macam peristiwa dan kejadian yang saling bertentangan atau berlawanan. Dari satu sisi hal-hal yang berlawanan itu bisa dilihat sebagai pasangan, ada panas ada dingin ada cepat ada lambat, ada senang ada sedih, dan sebagainya. Sebagian dari beberapa hal berlawanan itu kita jumpai ada cahaya dan kegelapan. Cahaya mengantarkan umat manusia menuju petunjuk Allah SWT, sehingga akan membimbing mereka pada kebahagiaan lahir dan batin, duniawi dan ukhrawi. Sebaliknya kegelapan akan mendorong manusia menuju perbuatan yang tercela sehingga akan mengantarkan mereka pada kehidupan yang hina baik di dunia maupun di akhirat.


Cahaya merupakan sarana yang memperkuat hati seseorang untuk mewujudkan berbagai kemaslahatan dalam segala kehidupan. Sebaliknya kegelapan merupakan sarana yang memperkuat hawa nafsu manusia yang akan menjerumuskan mereka pada perbuatan yang keji dan mungkar. 


ٱللَّهُ وَلِيُّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ يُخۡرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِۖ وَٱلَّذِينَ كَفَرُوٓاْ أَوۡلِيَآؤُهُمُ ٱلطَّٰغُوتُ يُخۡرِجُونَهُم مِّنَ ٱلنُّورِ إِلَى ٱلظُّلُمَٰتِۗ أُوْلَٰٓئِكَ أَصۡحَٰبُ ٱلنَّارِۖ هُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ 


"Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya menuju kegelapan. Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah, 02:257).


Setiap orang yang ingin meraih cahaya petunjuk dari Allah SWT harus memperkuat keimanan dan keyakinan pada keesaan Allah SWT dengan tauhid yang murni, tidak terkontaminasi oleh noda-noda syirik. Kegelapan akan mengantarkan manusia pada sikap ragu-ragu dan terjerembab ke dalam kemusyrikan yang selalu mendapat dorongan dari hawa nafsu. Peperangan yang terjadi pada diri manusia antara dorongan kebenaran yang digambarkan cahaya dan dorongan keburukan yang digambarkan kegelapan terus terjadi setiap detik, saling mengalahkan satu dengan yang lainnya. Karena itu kita harus memperkuat keimanan dan ketakwaan kita untuk mengusir kebatilan dan kerusakan.


Mereka yang memperoleh cahaya petunjuk dari Allah SWT tidak akan dapat disesatkan oleh siapapun dan sebaliknya mereka disesatkan oleh Allah tidak ada yang bisa memberi petunjuk kepadanya. Karena itu, barang siapa yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka sesungguhnya dia telah mendapat petunjuk kebenaran. Dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah, maka tidak akan mendapatkan perlindungan atau petunjuk dari-Nya. Allah SWT adalah pemberi cahaya yang terang benderang di langit dan bumi.


Betapa agung dan indahnya cahaya itu tergambar dalam ayat berikut:


۞ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشۡكَوٰةٖ فِيهَا مِصۡبَاحٌۖ ٱلۡمِصۡبَاحُ فِي زُجَاجَةٍۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوۡكَبٞ دُرِّيّٞ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٖ مُّبَٰرَكَةٖ زَيۡتُونَةٖ لَّا شَرۡقِيَّةٖ وَلَا غَرۡبِيَّةٖ يَكَادُ زَيۡتُهَا يُضِيٓءُ وَلَوۡ لَمۡ تَمۡسَسۡهُ نَارٞۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٖۚ يَهۡدِي ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُۚ وَيَضۡرِبُ ٱللَّهُ ٱلۡأَمۡثَٰلَ لِلنَّاسِۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَيۡءٍ عَلِيمٞ 


"Allah (pemberi) cahaya (pada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya seperti sebuah lubang (pada dinding) yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang (yang berkilauan seperti) mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis). Allah memberi petunjuk menuju cahaya-Nya kepada orang yang Dia kehendaki. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Nur, 24:35).


KH Zakky Mubarak, salah seorang Mustasyar PBNU


Taushiyah Terbaru