• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Kabupaten Bandung

LPBINU Jabar Gelar Lokakarya Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Sekolah

LPBINU Jabar Gelar Lokakarya Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Sekolah
Kegiatan lokakarya untuk pemangku kepentingan di Satuan Pendidikan tentang Peran serta Adaptasi Perubahan Iklim LPBINU Jabar. (Foto: NU Online Jabar)
Kegiatan lokakarya untuk pemangku kepentingan di Satuan Pendidikan tentang Peran serta Adaptasi Perubahan Iklim LPBINU Jabar. (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Menindaklanjuti program CBCCA (Adaptasi Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan lokakarya untuk pemangku kepentingan di Satuan Pendidikan tentang Peran serta Adaptasi Perubahan Iklim.


Kegiatan ini bekerja sama dengan Save The Children Korea dan Indonesia.Diselenggarakan di satuan pendidikan/sekolah yang menjadi sekolah dampingan di 10 Desa di wilayah Kabupaten Bandung. 


Di antaranya Desa Mekarwangi, Laksana, Sudi di Kecamatan Ibun, Desa Rancaekek Wetan, Desa Bojongloa, Kelurahan Rancaekek Kencana, Desa Bojongmalaka, Desa Malakasari, Desa Rancamanyar, dan Kelurahan Andir. 


Kegiatan dimulai dari tanggal 14 hingga 30 Oktober 2023 diikuti oleh 400 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Tenaga Pendidik (guru) Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Perwakilan orang tua siswa dan perwakilan siswa.


Output dari kegiatan ini yaitu peran para aktor di satuan pendidikan dalam pelaksanaan adaptasi perubahan iklim di satuan pendidikan masing-masing yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan dalam menyusun rencana aksi di sekolah. Secara khusus, tujuan kegiatan ini adalah:

 
  1. Mengidentifikasi para pihak dalam Adaptasi Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat di tingkat satuan pendidikan.
  2. Peningkatan kapasitas kelembagaan dalam melakukan adaptasi perubahan iklim yang ramah anak 
  3. Peningkatan kapasitas masyarakat khususnya di tingkat satuan pendidikan, kelompok anak, anak muda serta perempuan dalam mengelola risiko bencana yang ramah anak.
  4. Mendorong kapasitas masyarakat khususnya di tingkat satuan pendidikan, kelompok anak dan anak muda, serta perempuan dalam peningkatan kapasitas kelembagaan dalam melakukan adaptasi perubahan iklim dan mampu mengelola risiko bencana.


Ketua LPBINU Jawa Barat Dadang Sudardja menjelaskan, kegiatan lokakarya peran serta Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Sekolah mendukung ketangguhan warga sekolah yang adaptif terhadap perubahan iklim.


“Selain itu, mewujudkan lingkungan sekolah yang adaptif dalam menghadapi perubahan iklim, sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar yang menyenangkan, dan aman. Dengan demikian sekolah mampu melahirkan generasi yang hebat,” ujarnya.


Sebagai informasi, kegiatan ini menghadirkan narasumber Asep Saefullah dan Dewi Yani Kania, serta fasilitator Ir Muhammad Muharam dari Alumni Planologi dan  Cahyono dari lembaga SMAK Bandung yang selama ini menjadi narasumber di fasilitator program Adaptasi Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat.


Kabupaten Bandung Terbaru