• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Garut

Komplek Makam Syekh Jafar Shiddiq Gunung Haruman Jadi Tempat Pelantikan MWCNU Cibiuk Garut, Berikut Agendanya

Komplek Makam Syekh Jafar Shiddiq Gunung Haruman Jadi Tempat Pelantikan MWCNU Cibiuk Garut, Berikut Agendanya
Gapura Menuju Makam Syekh Jafar Shiddiq Gunung Haruman Garut. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).
Gapura Menuju Makam Syekh Jafar Shiddiq Gunung Haruman Garut. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).

Garut, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut akan menggelar pelantikan pengurus baru masa bakti 2024-2029 di Komplek Makam Syekh Jafar Shiddiq Gunung Haruman Kp Cianjung Ds Cipareuan Cibiuk pada Rabu (24/4/2024) yang akan datang. Informasi tersebut didapat NU Online Jabar melalui Whatsaap Group (WAG) Keluarga Besar NU Garut pada Jum'at (19/4/2024) yang diunggah oleh seseorang dengan nomor Whatsapp 0813-2137-0735 atas nama Dendin.


Rencananya, selain akan dibuka oleh Pejabat Bupati Garut H Barnas Ajidin, kegiatannya juga akan diisi dengan mauidhoh hasanah oleh Mustasyar PCNU Garut yang juga sebagai pimpinan Ponpes Luhur Alwasilah Tarogong Kaler KH Jauhari Tanthowi Musaddad. 


Sebelumnya, pada Kamis (7/3/2024) lalu MWCNU Kecamatan Cibiuk telah menyelenggarakan konferensi tingkat kecamatan (Konfercam) untuk menentukan Rais Syuriah dan ketua Tanfidziyah untuk masa bakti 2024-2029. 


Dari Konfercam itu menghasilkan KH Ujang Hasanudin sebagai Rais Syuriah dan KH Dedeng Wildan sebagai Ketua Tanfidziyah. 


Konfercam dilaksanakan sesuai dengan amanat perkumpulan NU yakni sidang ahlul halli wal aqdi (AHWA) dipakai untuk pemilihan Rais Syuriah. Sementara, mengingat ada 2 calon ketua (KH Dedeng Wildan & Ust Salman Alfarizi) maka pemilihan Tanfidziyah dilakukan melalui pemungutan suara dengan mekanisme one man one vote (voting). KH Dedeng Wildan mendapatkan 7 suara, sedangkan Ust Salman Alfarizi mendapat 3 suara. 


Jumlah hak suara pada Konfercam diambil dua orang (ketua dan sekretaris) dari 5 ranting yang ada yakni Ranting Majasari, Lingkungpasir, Cibiuk Kaler, Cibiuk Kidul, dan Cipareuan.  


Selain dihadiri oleh pengurus lama MWCNU Cibiuk dan pengurus 5 ranting yang ada, kegiatan Konfercam juga dihadiri oleh unsur Forkopimcam Cibiuk (Kapolsek, Camat, Danramil, dan Kepala KUA). Bertindak sebagai ketua sidang Ustadz Agus Suryana dan sekretaris sidang H Agus Moehammad  Mabrur. 


Sebagai informasi, makam Syekh Jafar Shiddiq atau masyarakat menyebutnya Embah Wali Cibiuk merupakan salah satu tempat penziarahan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dalam maupun luar Kabupaten Garut. Bagi peziarah yang datang dari arah jalan raya Bandung-Tasik atau sebaliknya tinggal belok menuju ke pasar Limbangan dan kemudian berhenti di sebelah kanan sejauh 5 KM. Sementara bagi peziarah yang datang dari arah Garut, Banyuresmi, Leles, Leuwigoong tinggal belok kiri tepat di samping jalan raya. 


Sebelum tiba di makam Syekh Jafar Shiddiq, peziarah akan lebih dulu singgah di tempat parkir, masjid, kantor MWCNU Cibiuk, kios tempat berjualan, hingga menaiki tangga tanah bebatuan yang kemudian pertama kali akan singgah dulu di makam Syekh Abdul Jabar yang makamnya dikelilingi bebatuan tua berlumut di bawah pohon besar berindang yang dikelilingi pagar bambu. 


Garut Terbaru