• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Garut

Ranting NU Dangiang Banjarwangi Garut Pererat Silaturahim Antar Pengurus Lewat Botram

Ranting NU Dangiang Banjarwangi Garut Pererat Silaturahim Antar Pengurus Lewat Botram
Ranting NU Dangiuang Banjarwangi Garut Saat Botram. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).
Ranting NU Dangiuang Banjarwangi Garut Saat Botram. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).

Garut, NU Online Jabar
Kegiatan halal bihalal pasca Idul Fitri tampaknya menjamur pada masyarakat Islam Indonesia, termasuk di dalamnya warga Nahdliyin di Kabupaten Garut. Seperti yang dilakukan oleh pengurus ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Dangiang Kecamatan Banjarwangi yang menggelar acara halal bi halal bertemakan "Meningkatkan Akhlakul Karimah" yang dilaksanakan bertempat di kantor sekretariat PRNU Dangiang pada Jum'at (19/4/2024). 


Salah satu yang menarik dari kegiatan halal bi halal PRNU Dangiang adalah adanya botram, yakni acara makan bersama secara berjajar dengan duduk saling berhadap-hadapan menggunakan alas makan daun pisang. Kegiatan itu juga dilaksanakan dalam rangka untuk merapatkan tali persaudaraan para pengurus dengan keluarga dan para tetangga. Juga sebagai bagian untuk merealisasikan kegiatan yang diperintahkan oleh Nabi SAW yakni silaturahmi. 


Terkait dengan itu, salah seorang peserta halal bi halal H Entang Ahmad Fauzi mengatakan bahwa halal bi halal diadakan untuk memperkuat ikatan persaudaraan. Menurutnya, mengingat dalam keseharian para pengurus sering berkomunikasi dan tentu ada salah dan kekhilafan, maka halal bi halal menjadi momen yang tepat untuk dilakukan. "Dengan halal bi halal noda haqul adami sesama pengurus akan terbersihkan," ucapnya saat dihubungi NU Online Jabar, Sabtu (20/4/2024). 


Selain itu, pria yang gemar memakai songkok hitam itu menyampaikan pesan yang diamanatkan oleh kasepuhan ranting NU Dangiang.


"Para kasepuhan mengamanatkan kepada kami untuk terus meningkatkan kebaikan yang sifatnya sosial, agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban wilayah, serta bersikap ikhlas dalam menjalankan perannya, baik peran dalam hidup berkeluarga, beragama, dan bernegara. Yang lebih penting menurut mereka agar tetap mampu dalam menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah," tuturnya. 


H Entang menjelaskan, kegiatan halal bi halal penting untuk dilakukan sebagai bagian amar ma'ruf nahi munkar dan fastabiqul khairat. "Alhamdulillah antusiasme pengurus sangat baik. Mereka sangat mendukung kegiatan halal bi halal mengingat  tujuannya yaitu untuk meraih kebaikan dan keberkahan dunia dan akhirat," jelasnya. 


"Dengan semangat halal bi halal kami harapkan semua yang terlibat dapat menjadi orang yang mampu dalam menebar kebaikan. Alhamdulilah responnya sangat positif," tandas pria  yang saat ini menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Banjarwangi itu. 


Garut Terbaru