• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

KH Zakky Mubarak Sebut Islam Agama yang Fleksibel

KH Zakky Mubarak Sebut Islam Agama yang Fleksibel
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto: SS video FB Zakky Mubarak Syamrakh).
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak. (Foto: SS video FB Zakky Mubarak Syamrakh).

Jakarta, NU Online Jabar
Salah  seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak dalam tausiyah digitalnya menjelaskan jika kita perhatikan ajaran Islam akan mendapati bahwa ajaran tersebut sangat fleksibel, tidak ada jalan buntu, selalu ada jalan keluarnya.


"Ambil contoh konsep azimah dan Rukhshah. Memakan bangkai itu haram itu azimah nah kalau tidak ada makanan lain pasti keseringan Rukhshah boleh makan," jelasnnya melalui video yang diunggah ke akun Facebooknya, Sabtu (23/3/2024). 


Lebih lanjut, Kiai Zakky sapaan akrabnya, menambahkan "Bahkan bisa jadi azimah tadi harus makan. Kalo tidak makan kita akan mati, harus makan bukan lagi boleh, Nah jadi inilah hal-hal yang kita lihat dalam ajaran agama," tambahnya 


Karena itu, Kiai Zakky menyebutkan bahwa dalam diperintahkan dalam melaksanakan sholat juga bisa berbagai cara jika tidak mampu. 


"Sholat diperintahkan untuk berdiri, tidak bisa berdiri, duduk. Tidak bisa duduk, sambil tiduran berbaring dan seterusnya," tuturnya.


Kiai kelahiran Cirebon Jawa Barat tersebut menyebutkan bahwa dalam beragama selalu ada jalan keluar. "Nah jadi inilah yang memudahkan kita di dalam beragama selalu ada jalan keluar  dan tidak pernah terganggu dalam satu hal," ucapnya.


Kiai yang juga merupakan salah seorang Dosen di Universitas Indonesia (UI) tersebut mengatakan bahwa banyak sekali tentang fleksibilitas dalam islam seperti adanya konsep azimah dan Rukhshah. 


"Nah mula ini nanti kita jumpai banyak sekali tentang fleksibilitas dalam islam,  kita lihat lagi misalnya yang  dipelajari dari konsep-konsep azimah dan  Rukhshah tadi itu sangat jelas sekali," pungkasnya.


Nasional Terbaru