• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kota Bandung

Gelar Amaliyah Nisfu Sya'ban, Ponpes Sirnamiskin Libatkan Orang Tua Siswa hingga Masyarakat

Gelar Amaliyah Nisfu Sya'ban, Ponpes Sirnamiskin Libatkan Orang Tua Siswa hingga Masyarakat
Gelaran Amaliyah Nisfu Sya'ban di Ponpes Sirnamiskin Kota Bandung, Sabtu (24/2/2024). (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).
Gelaran Amaliyah Nisfu Sya'ban di Ponpes Sirnamiskin Kota Bandung, Sabtu (24/2/2024). (Foto: NU Online Jabar/Rizqy).

Kota Bandung, NU Online Jabar
Pondok Pesantren Sirnamiskin Kota Bandung menggelar peringatan Malam Nisfu Sya'ban 1445 H yang bertempat di Masjid Pesantren pada Sabtu (24/2/2024) malam. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekira 700 orang yang terdiri dari santri, siswa, orang tua siswa dan masyarakat dilingkungan Pesantren.


Dalam kesempatan tersebut, H Iik Abdul Chalik mengungkapkan bahwa terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi masyarakat, siswa serta orang tua mereka yang ingin melaksanakan amaliyah Nisfu Sya'ban. Sebab, mereka yang tinggal di komplek yang masjidnya dikuasai oleh minhum.


"Bahkan yang mengikuti kegiatan itu juga ada masyarakat walaupun jauh karena tinggal di komplek, juga ada orang tua siswa yang juga mengikuti pelaksanaan malam nisfu sya'ban," jelasnya.


Kang Iik menuturkan, sebenarnya mereka sangat menginginkan adanya kegiatan tersebut dilaksanakan di masjid-masjid terdekat. Tetapi karena mereka tinggal di komplek dan DKM masjidnya dikuasai oleh minhum, mereka jarang melakukan kegiatan tersebut.


"Di Bandung, di daerah kami itu kebanyakan warga nahdliyin, tetapi DKM nya dikuasai oleh minhum. Makanya, selain kami memfasilitasi masyarakat juga memberikan solusi untuk warga NU yang berada di komplek-komplek itu harus berani berkolaborasi dengan MWCNU untuk menggelar kegiatan tersebut," tuturnya.


Kang Iik berharap, NU kota Bandung di setiap tingkatan mulai PC, MWC hingga ranting bisa mengadvokasi dan ikut serta mewarnai masjid-masjid khususnya di komplek-komplek yang ada di Kota Bandung.


"Ini PR besar untuk NU di Kota Bandung, terutama di MWC dan Ranting NU se-Kota Bandung untuk mengadvokasi dan mewarnai masjid-masjid di komplek-komplek dengan kegiatan amalaiyah an-Nahdliyah," tandasnya. 


Kota Bandung Terbaru