• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Garut

Gelaran Pulsa Jadi Cara MWCNU Karangpawitan Garut Perkuat Nalar Ajengan Muda, Kaji Tiga Kitab Kuning

Gelaran Pulsa Jadi Cara MWCNU Karangpawitan Garut Perkuat Nalar Ajengan Muda, Kaji Tiga Kitab Kuning
(Ilustrasi: NU Online).
(Ilustrasi: NU Online).

Garut, NU Online Jabar
Lembaga Bahtsul Masail (LBM) dan Lembaga Dakwah (LD) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karangpawitan Garut dijadwalkan akan menggelar kegiatan telaah ilmu fikih dan hadis yang akan dilaksanakan di Bumi Hadis Kampung Nagrog Belakang Kantor Koramil Karangpawitan Garut pada Senin (26/2/2024) Pukul 20.00 WIB sd selesai.


Kegiatan yang diberi nama "Pulsa" (Ngumpul Malam Selasa) ngaos dan diskusi tersebut akan membahas tiga kitab. Pertama, kitab ilmu hadis Baiquniyah, Imam Baiquni, kedua kitab ushul fikih al-Luma Imam Syairozi dan ketiga kitab faroid Mandhumah Rohabiyah Imam Rohabi. 


Ketua LBM MWCNU Karangpawitan sekaligus pemantik kegiatan Ust Deni Muharamdani mengatakan, tujuan kegiatan adalah untuk membentuk konstruksi nalar para pegiat ushul fikih dan pecinta ilmu hadis. 


"Selain itu, tujuan kegiatan juga untuk menghidupkan kembali tradisi kajian ilmu hadis di internal NU yang sudah hampir menurun drastis dibanding disiplin ilmu lainnya. Juga untuk merangsang ulama-ulama muda NU agar mempopulerkan disiplin ilmu hadis, faroid, fikih, dan disiplin ilmu agama lainnya," katanya saat dihubungi NU Online Jabar, Ahad (25/2/2024). 


Pria yang akrab disapa Aa Deni itu juga menambahkan, mengingat kegiatan digelar dengan bentuk sesi tanya jawab, diskusi, dan obrolan santai, maka akan membuka cakrawala berpikir peserta. 


"Dipastikan kajian keilmuan akan hidup mengingat metode kegiatan bersifat santai namun serius sehingga akan membuka cakrawala berpikir para hadirin," tuturnya.  


Meskipun baru dua kali dilaksanakan, Aa Deni optimis kegiatan akan terus berjalan sesuai dengan apa yang harapan. 


"Peserta yang istikamah selalu mengikuti kegiatan baru sekitar 7-8 orang, meskipun yang mengkonfirmasikan biasanya mencapai hampir 20 orang. Namun secara penyebaran peserta patut dibanggakan karena sudah merata. Pesertanya ada yang dari Garut Kota Karangpawitan, Leles, Selaawi, bahkan Sumedang. Perlu ada sosialisasi masif agar kegiatan ini banyak diminati," tandasnya. 


Selain Aa Deni, kegiatan yang akan digelar setiap pekan di malam Selasa itu akan dibersamai Ajengan Dadi sebagai pedamping pemantik. 


Bagi yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp 0821 2021 8841


Garut Terbaru