• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Kota Bandung

Lomba Tumpeng Akan Meriahkan Perayaan 1 Abad NU Kota Bandung

Lomba Tumpeng Akan Meriahkan Perayaan 1 Abad NU Kota Bandung
Lomba Tumpeng Akan Meriahkan Perayaan 1 Abad NU Kota Bandung. (Foto: NU Online Jabar)
Lomba Tumpeng Akan Meriahkan Perayaan 1 Abad NU Kota Bandung. (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung akan merayakan resepsi Harlah 1 Abad NU pada Sabtu (18/2/2023). Sebanyak kurang lebih 5000 warga Nahdliyin Kota Bandung dikabarkan siap hadir dan meramaikan acara yang diselenggarakan di depan halaman kantor PCNU Kota Bandung, Jl Sancang, No. 8, Kota Bandung. 


Berbagai rangkaian acara pun akan menyemarakkan hajat seabad sekali warga Nahdliyin itu. Demi lebih memeriahkan acara tersebut, panitia penyelenggara resepsi 1 Abad NU Kota Bandung menyelenggarakkan lomba tumpeng. Tercatat, tak kurang dari 100 tumpeng akan dijajakan pada acara resepsi 1 Abad NU di Kota Bandung. 


“Teksnisnya, dari setiap MWCNU diharuskan membawa tiga tumpeng, tapi kita juga mempersilahkan untuk lembaga dan banom serta lembaga dan majelis taklim turut berpartisipasi. Alhamdulillah, untuk mencapai jumlah 100 tumpeng ini sudah tercapai bahkan kemungkinan bisa lebih,” ujar panitia koordinator lomba tumpeng, Hj Imas Maesaroh kepada NU Online Jabar, Kamis (16/2/2023). 


Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa jumlah 100 ini dipilih bertepatan dengan kelahiran NU yang sudah mencapai satu abad dalam kalender Hijriah. “Jadi tumpeng ini nantinya dibawa oleh peserta dan nantinya untuk makan bersama di sini,” tutur penanggungjawab seksi konsumsi Harlah 1 Abad NU Kota Bandung ini.


Pihak panitia juga akan memberikan hadiah bagi enam tumpeng terpilih. Hadiah tersebut akan diberikan kepada pemenang lomba tumpeng juara 1, 2 dan 3, harapan 1, 2 dan 3 serta tumpeng terfavorit.  “Jadi dari kami nanti akan melakukan penilaian. Selanjutnya, tumpeng yang terpilih akan menerima hadiah. Kami juga telah menyediakan 100 dorprize untuk para peserta,” ungkapnya. 


Sebelumnya, ketua panitia resepsi 1 Abad NU Kota Bandung sekaligus Wakil Ketua PCNU Kota Bandung, KH Ahamd Haedar menyampaikan, puncak acara satu abad NU ini akan dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan kegiatan Kirab Satu Abad NU dari depan Kantor PWNU Jawa Barat, Jl. Galunggung, dan akan berakhir di Kantor PCNU Kota Bandung, Jl. Sancang. 


Selanjutnya kegiatan akan dilanjutkan dengan istighatsah dan seremonial resepsi Satu Abad NU. Resepsi satu abad ini akan dirangkai juga dengan Launching Koin NU Kota Bandung, Bazar UMKM, dan pagelaran seni budaya. 


Kang Mamad, sapaan akrabnya berharap, dengan adanya Resepsi Satu Abad Kota Bandung ini dapat memberikan manfaat dan silaturahmi. Terutama kepada para pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sempat terganggu karena pandemi Covid 19 dua tahun lalu. 


“Kirab Satu Abad NU ini insya Allah akan diikuti ±5.000 peserta dari berbagai elemen sebagai wujud nyata persatuan dan kekompakan, dimana antara satu unsur dengan unsur lainnya, baik dari TNI, Polri, Pemerintah, Kyai, para ustadz serta ustadzah, para santri dan masyarakat umum, semua berkolaborasi untuk mempererat persaudaraan pada momen Kirab ini,” tandasnya.


Acara ini akan dihadiri oleh Walikota Bandung, H. Yana Mulyana, beserta segenap Forkopimda Kota Bandung. Sedangkan orasi Satu Abad NU, akan disampaikan oleh KH Sofyan Yahya dan KH Habib Syarief Muhammad Alaydrus.


Pewarta: Agung Gumelar


Kota Bandung Terbaru