• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Kota Bandung

Ribuan Nahdliyin Padati PCNU Kota Bandung, Semarakkan Puncak Resepsi Harlah 1 Abad NU

Ribuan Nahdliyin Padati PCNU Kota Bandung, Semarakkan Puncak Resepsi Harlah 1 Abad NU
Ribuan Nahdliyin Padati PCNU Kota Bandung, Semarakkan Peringatan Harlah 1 Abad NU
Ribuan Nahdliyin Padati PCNU Kota Bandung, Semarakkan Peringatan Harlah 1 Abad NU

Kota Bandung, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung menggelar Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU yang bertempat di Halaman Gedung PCNU Kota Bandung, Sabtu (18/2). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mustasyar PBNU KH Ahmad Chozin Chumaidi, Mustasyar PWNU Jawa Barat Habib Syarif Al-Aydarus, Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad, Walikota Bandung H Yana Mulyana, Ketua PCNU Kota Bandung KH Agus Syarif, dan ribuan warga nahdliyin se-Kota Bandung.


Ketua panitia pelaksana H Ahmad Haedar bersyukur, pihaknya bisa bersama-sama merayakan 1 Abad lahirnya NU. Ia menilai, NU bukan hanya sekedar organisasi islam terbesar ataupun potret Islam Nusantara yang digdaya.


"Tapi lebih dari pada itu, NU adalah organisasi yang bisa mendatangkan kemashlahatan dan keberkahan bagi siapapun yang mengabdi dan berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama," tegasnya.


Menurutnya, peringatan 1 Abad ini merupakan momentum untuk merapatkan barisan serta meluruskan niat dan tujuan. 


"Mudah-mudahan dengan perayaan 1 Abad NU kita bisa menyatukan hati kita semua, La Nahdlatal Ulama illa bil quwah, tidak ada NU kecuali kekuatan raksasa, dan tidak ada kekuatan raksasa kecuali kita semua berjamaah, dan tidak akan ada jamaah kecuali kita berada dalam kepengurusan yang solid, dan kepengurusan yang solid tentunya harus taat kepada para ulama,"


Sementara itu, Ketua PCNU Kota Bandung KH Agus Syarif menjelaskan, kita memasuki Abad kedua perjuangan NU. "Ketika awal didirikan dengan simbol tasbih dan tongkat. Tasbih berarti taat dan dzikir, tongkat berarti harokah dan pergerakan," 


Lalu, Kiai Agus mengutip salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Suyuthi.


إن الله يبعث لهذه الأمة على رأس كل مائة سنة من يجدد لها أمر دينها


"Setiap awal di satu abad, Allah mengutus orang-orang untuk memperbaharui pemahaman agamaannya. Di era pertama NU ada Mbah Hasyim, Mbah Wahab dan Mbah Bisri Syansuri. Mudah-mudahan di abad kedua ada ulama-ulama yang lahir untuk memberikan tafsir baru terhaap adama yang rhmatan lil alamin," tandasnya.


Selain itu, Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad mengapresiasi kegiatan puncak resepsi 1 Abad NU di Kota Bandung. Ia berharap, semangat warga Nahdliyin bisa terus bertambah dan pergerakan NU semakin hebat.


"Abad kesatu sudah lewat, kita memasuki abad kedua tentu tantangannya juga lebih hebat. Tapi, apapun tantangannya, Insya Allah NU bisa melewatinya dan bisa mencari serta mendapatkan solusinya," pungkasnya.


Sebagai informasi, puncak resepsi Harlah 1 Abad NU di Kota Bandung disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube NU Jabar Channel.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Kota Bandung Terbaru