Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LBMNU Jabar Terbitkan Buku Panduan Praktis Bahtsul Masail

LBMNU Jabar Terbitkan Buku Panduan Praktis Bahtsul Masail
LBMNU Jabar Terbitkan Buku Panduan Praktis Bahtsul Masail.
LBMNU Jabar Terbitkan Buku Panduan Praktis Bahtsul Masail.

Bandung, NU Online Jabar
Pagelaran Bahtsul Masail yang digelar oleh Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Provinsi Jawa Barat bersama PCNU dan Pondok Pesantren se-Jawa Barat di Aula PWNU Jawa Barat pada Rau (21/9) resmi meluncurkan buku Panduan Praktis Bahtsul Masail.


"Sebagaimana kita ketahui bahwa pondok pesantren di Jawa Barat belum terbiasa dengan bahtsul masail, sehingga kami punya inisiatif  menerbitkan buku Panduan Praktis Bahtsul Masail," ucap Ketua LBM PWNU Jawa Barat, KH Jejen Zaenal Mufid saat menyampaikan sambutan sebagaimana dilansir dari NU Online.


Kiai yang juga merupakan alumni Pesantren Lirboyo itu menilai, buku tersebut sangat dibutuhkan karena akan menjadi panduan dan rujukan teknis dalam melaksanakan kegiatan bahtsul masail ala NU.


Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mendorong kepada PCNU se-Jawa Barat untuk membukukan produk hukum atau hasil-hasil keputusan dari bahtsul masail yang telah dilaksanakan di daerah masing-masing.


"Insyaallah tahun ini akan keluar buku kumpulan hasil bahtsul masail LBM PCNU se-Jawa Barat, termasuk karya ilmiah LBM Jawa Barat," kata Pengasuh Pesantren Nurul Anwar Mubtadi'in, Subang itu.


Selain itu, Kiai Jejen juga mengatakan bahwa LBMNU Jawa Barat punya sejumlah agenda untuk membumikan bahtsul masail diantaranya dengan membuat media tanya jawab terkait masalah waqi'iyah yang terjadi di tengah masyarakat.


"Di LBM banyak intelektual dari pesantren-pesantren," ujarnya.


Ia juga menambahkan, rencananya LBMNU Jawa Barat juga akan mengadakan kegiatan batsul masail keliling yang dilaksanakan di sejumlah titik dan dibagi menjadi 5 zona meliputi wilayah pantura timur dan barat, priangan timur dan barat dan juga wilayah tengah.


“Setiap bulan itu akan ada bahtsul masail. Jadi, (bahtsul masail) perdana di PWNU, besok itu di Tasik, zona 5,” imbuhnya.


Jadwal berikutnya, kata dia, kegiatan bahtsul masail akan dilaksanakan di zona 4 tepatnya di Pesantren Al-Masturiyyah Sukabumi. 


“Kemudian zona 3 di Bandung, kemudian zona 2 di Al-Muhajirin Purwakarta. Untuk zona 1 nanti tempatnya di Kang Ujang Bustomi atau Kiai Imam Jazuli. Ini sudah ada pesanan ingin ditempati bahtsul masail. Ini menunjukkan bahwa mereka mengharapkan ada bahtsul masail di Jawa Barat,” tambahnya.


Dalam kegiatan bahtsul masail ini, ada 3 masalah utama yang disoroti LBMNU Jawa Barat, yaitu anggota ormas terlarang dan mantan koruptor menjadi caleg, dana Infaq masjid untuk kebutuhan sosial, dan hukum waris karya ilmiah.


Pewarta: Aiz Luthfi​​​​​​​
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

PWNU Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×