Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

LBMNU Jabar Rencanakan Bahtsul Masail Keliling di 5 Zona se-Jawa Barat

LBMNU Jabar Rencanakan Bahtsul Masail Keliling di 5 Zona se-Jawa Barat
LBMNU Jabar Rencanakan Bahtsul Masail keliling di 5 Zona se-Jawa Barat
LBMNU Jabar Rencanakan Bahtsul Masail keliling di 5 Zona se-Jawa Barat

Bandung, NU Online Jabar
Setelah sukses menyelenggarakan bahtsul masail bersama PCNU dan Pondok Pesantren se-Jawa Barat di Gedung PWNU Jabar, Rabu (21/9). Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jawa Barat berencana akan gelar bahtsul masail keliling di lima zona se Jawa Barat.

 

Ketua LBMNU Jabar KH Zaenal Mufid menuturkan bahtsul masail keliling tersebut akan digelar per tiap satu bulan sekali, dan setelah itu akan digelar bahtsul masail kubro per enam bulan sekali.

 

“Perbulannya itu berkeliling per zona, satu zona lima kabupaten, kemudian nanti per enam bulan kembali lagi di PWNU untuk diadakan bahstul masail kubro atau gabungan dari PCNU dan Pondok Pesantren se Jawa Barat,” terangnya. 

 

Bahtsul masail terdekat lanjutnya, akan di gelar di zona kelima yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis.

 

“Untuk urutan pelaksanaannya tidak berurutan melainkan sesuai permintaan. Sementara pembagian zonanya yaitu zona pertama Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Zona kedua Subang, Karawang, Purwakarta, Bekasi dan Kota Bekasi. Zona ketiga Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Bandung Barat dan Sumedang. Zona keempat Bogor, Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, Kota Sukabumi, Depok,” ujarnya.

 

Perihal tempat pelaksanaan, Kiai Mufid menyampaikan itu diserahkan ke panitia per tiap zona untuk disepakati

 

“Kita pasrahkan kepada pengurus zona, mau di tempatkan dimana yang jelas itu diharapkan di Pondok Pesantren,” katanya.

 

Kiai Mufid berharap dengan diadakannya bahtsul masail keliling ini bisa mempererat tali silaturahmi antar ulama di Jawa Barat.


“Namanya Nahdlatul Ulama tapi ulamanya jarang kumpul, maka mudah-mudahan dengan adanya bahstul masail ini ulama-ulama jawa barat bisa bangkit untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan kontribusi kepada bangsa dan negara agar bangsa dan negara kita ini lebih sehat dan juga bisa dipimpin oleh pemimpin yang betul-betul amanah membawa kepada kemajuan bangsa dan negara,” harapnya.

 

Pewarta: Abdul Manap

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×