Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Desember Bulan Gus Dur (2)

Desember Bulan Gus Dur (2)
Desember Bulan Gus Dur (2)
Desember Bulan Gus Dur (2)

Ayo datang ke rumah Gus Dur
Sebentar saja
Tumpahkan rindu kepadanya,
Sebentar saja
Ucapkan salam sejahtera dan Damai kepadanya
Sebentar saja


Gus Dur adalah seorang pengembara ( "al Jawwal") kharismatik untuk dunia hari ini, paling tidak di sini, di negeri ini. Dia telah meninggalkan jejak di mana-mana, bukan hanya di Jombang, tanah dan tempatnya dilahirkan, menjalani dewasa dan diistirahatkan, tetapi juga di bumi Nusantara dan berbagai negeri yang jauh, dengan langkah-langkahnya yang begitu mengesankan.


Dia hadir menelusup dan merasuk ke jantung rakyat jelata dan merenggut hati mereka diam-diam.


Lihatlah, sejak dikebumikan, tiap hari ribuan rakyat dari pelosok nun jauh di desa-desa berbondong-bondong menziarahinya, meski mereka tak pernah bersentuhan secara langsung dengan Gus Dur. Di depan peristirahatannya mereka memanjatkan doa khusyuk dan tulus baginya.


Gus Dur telah menitipkan pikiran-pikiran dan isi hati nuraninya serta cintanya kepada jutaan orang dan sahabat-sahabat yang ditinggalkannya.


Lihatlah fenomena peziarah ke makamnya yang tak pernah berhenti sejak beliau pulang sampai hari ini. Saban Haul (peringatan hari wafat) Gus Dur dihadiri puluhan ribu orang dan itu tidak hanya di Ciganjur, Jakarta dan Tebuireng, Jombang, tetapi juga di banyak tempat di Indonesia dan di luar negeri.


Tidaklah mengherankan jika banyak orang menyebut Gus Dur adalah seorang ulama besar, Kekasih Tuhan dan manusia yang dianugerahi kearifan-kearifan perennial (al-Hikam al-Ilahiyyah).


Alfatihah untuk Gus Dur.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×