• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Hikmah

KOLOM BUYA HUSEIN

Air Kehidupan

Air Kehidupan
(Ilustrasi: NU Online).
(Ilustrasi: NU Online).

Anak mantuku kini tengah berada di  Mesir, bersama teman-temannya, dalam rangka kuliah 1 bulan di "Dar al Ifta" atas bantuan fasilitas Kemenag. Di sana mereka diajak ziarah ke makam para sahabat, para wali, para ulama besar dan juga ke tempat-tempat bersejarah, termasuk di Iskandariah. 


Lalu dia bilang rencananya akan ke Majm'a al Bahrain. Tempat pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidhir. Nah,mendengar kabar ini aku bilang : Jika ke sana, jangan lewatkan untuk minum air kehidupan. 


Platon pernah menyarankan kepada Aristoteles, muridnya yang paling brilian, agar pergi "Majma' al Bahrain", pertemuan dua samudera. Di sana ada " Barzakh", ruang di antara dua samudera itu. Ia  disebut sebagai air kehidupan. Plato mengatakan :


ان من شرب من ماء الحياة فانه لا يموت  ابدا


“Siapa saja yang minum air dari “air kehidupan ini tak akan mati selamanya”.


Menurut Abdul Karim al-Jili, dalam bukunya "Al Insan al Kamil fi Ma'rifah al Awakhir wa al Awail", Platon telah sampai ke tempat ini dan minum air tersebut. 


Aristoteles, atas saran Platon, gurunya itu, berangkat menuju ke sana. Iskandar Agung, muridnya ikut serta bersamanya dengan diiringi para pengawal.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Hikmah Terbaru