Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Terpilih sebagai Ketua Fatayat NU Bogor Barat, Salmah Muslich Ingatkan Kadernya Ajak Orang Lain Beraswaja

Terpilih sebagai Ketua Fatayat NU Bogor Barat, Salmah Muslich Ingatkan Kadernya Ajak Orang Lain Beraswaja
Konferancab Fatayat NU Bogor Barat. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
Konferancab Fatayat NU Bogor Barat. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

Bogor, NU Online Jabar
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Bogor Dede Siti Amanah, menghadiri acara Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Fatayat NU Bogor Barat ke-2 yang digelar di Pondok Pesantren Nur Azkia desa Bantar Jaya Semplak RT 04/07 Kecamatan Rancangbungur Kabupaten Bogor, Jumat (04/02). Tema kegiatan tersebut yakni Membangun Peran Perempuan untuk Kemaslahatan Umat.


Ustadzah Mas'ah Kholilah menjelaskan bahwa Fatayat merupakan Jam'iyah/organisasi yang menaungi para pemudi yang siap berkhidmat untuk menjaga dan mengamalkan ajaran Aswaja An-Nahdliyah serta mengambil peran untuk menebar kemaslahatan di masyarakat. 


"Peran seorang wanita menjadi garda terdepan dalam mendidik dan mengajar dan menanamkan nilai-nilai keislaman ala Ahlusunnah wal Jamaah An-Nahdliyah  dan bahwa Islam memposisikan seorang wanita dengan derajat kemuliaan," ujarnya yang juga selaku istri dari Pimpinan Ponpes Nur Azkia Kiai Useh Saehudin. 


Ia menambahkan, hal tersebut sebagaimana juga hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Jabir Ra:


خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ


Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya).


"Seorang wanita akan banyak memberikan manfaat kepada keluarga, tetangga, hingga khalayak banyak. Maka yang demikian akan menjadikan generasi yang unggul, cerdas, berkarakter mulia, siap berkhidmat untuk kemaslahatan orang banyak," pungkasnya.
 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Fatayat NU Kota Bogor Dede Siti Amanah bercerita mengenai sejarah perkembangan Fatayat NU di Kota Bogor khususnya di Bogor Selatan. 


"Kepada seluruh kader Fatayat NU Bogor Barat untuk siap berkhidmat, siap terjun sebagai pelaku sejarah pergerakan Fatayat di Kecamatan Bogor Barat. Dan jadikan setiap khidmat sebagai sumber semangat dalam perjuangan," ucap Alumni Pondok Pesantren Al-Aulia Cibungbulang tersebut.


Selain itu, Ketua PAC Fatayat NU Bogor Barat terpilih Salma Muslich menyatakan bahwa PAC Fatayat NU Bogor Barat menjadi rumah kedua untuk berkhidmat memberikan kemaslahatan untuk umat. 


"Berkhidmat di Fatayat yakni berusaha mengamalkan dan mengajak orang lain untuk ber-Ahlusunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang telah diajarkan oleh para Kiai, Ajengan dan Habaib kita dan kedepannya untuk merawat jagat serta membangun peradaban sesuai tema Harlah NU ke-99 Hijriyah tahun ini," tuturnya.


"Belajar bersama, berjuang bersama serta berproses bersama semua adalah khidmat untuk Li I'lai Kalimatillah. Semoga Fatayat PAC Bogor Barat dapat memberikan kemaslahatan untuk umat," tandasnya. 


Perlu diketahui, acara Konferancab ke-2 Fatayat NU Bogor Barat ini adalah agenda dari Fatayat PC Kota Bogor secara estafet selama satu bulan ini di beberapa Kecamatan Kota Bogor. Dalam konferensi tersebut, terpilih sebagai Ketua Fatayat PAC Bogor Barat atas nama sahabat Salma Muslich periode 2022-2026.


Acara dimulai dengan lagu Indonesia Raya, Mars Ya Lal Wathon, dan Mars Fatayat NU, dan diakhiri dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh kader PAC Fatayat Bogor Barat. Turut hadir pada acara Konferancab ke-2 Fatayat NU Bogor Barat para simpatisan dan kader serta Pengurus Fatayat NU se-Kecamatan Bogor Barat. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×