Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Abdurahman Terima Kunjungan Wakil Walikota Bogor ke Ponpes Riyadhul Anam Al-Arfah

KH Abdurahman Terima Kunjungan Wakil Walikota Bogor ke Ponpes Riyadhul Anam Al-Arfah
Kiai Adung Terima Kunjungan Wakil Walikota Bogor ke Ponpes Riyadhul Anam Al-Arfah. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
Kiai Adung Terima Kunjungan Wakil Walikota Bogor ke Ponpes Riyadhul Anam Al-Arfah. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

Bogor, NU Online Jabar
Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim mendatangi Pondok Pesantren Riyadhul Anam Al-Arfah yang dipimpin oleh KH Abdurahman atau yang akrab disapa Kiai Adung dengan agenda silaturahim kepada tokoh agama, Kamis (24/2). 


Selaku pimpinan Majelis Ta'lim Al-Arafah, KH Ahmad Miftahudin mengungkapkan selayang padang terkait sejarah berdirinya Pondok Pesantren Dan Majelis Ta'lim yang menjadi cikal bakal berdirinya Pesantren saat itu pada tahun 1970.


"Majelis Ta'lim merupakan cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Al-Arfah saat ini. Yang saat itu dinahkodai oleh KH Arfah sebagai sosok Ulama ahli Thoriqoh, sehingga banyak dari jamaahnya mengamalkan thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah," ujarnya yang juga sebagai Wakil Rais Syuriah Kota Bogor.


Ia menambahkan, majelis ta'lim tersebut hingga kini tetap eksis dengan agenda rutinan tiap Ahad/Minggu pagi yang awalnya dipimpin oleh KH Arfah, dan kami sebagian zuriyahnya melanjutkan perjuangan dakwah Li'i'lai kalimatillah (لاعلاء كلمة الله). 


Menurutnya, silaturahmi menjadi bagian yang terpenting untuk kehidupan sosial saat ini, dengan bersilaturahmi akan mendatangkan keberkahan hidup. 


Dalam kesempatan yang sama, Kang Dedie Abdul Rachim menyampaikan sambutan hangatnya sebagai Wakil Wali Kota Bogor yang berkewajiban menjalin komunikasi kepada para tokoh agama di Kota Bogor termasuk di wilayah Bogor Barat ini. 


Ia menilai, peran pondok pesantren dan majelis ta'lim akan memberikan kemaslahatan yang nyata bagi anak bangsa. Terutama bagi mereka yang belajar di Pondok Pesantren dan mereka juga yang belajar diniyah, di Majelis Ta'lim maka akan memiliki karakter pribadi mulia. 


"Fenomena saat ini, terkait kriminalitas yang terjadi, entah itu penganiayaan, berupa tauran, curanmor, dan lain sebagainya ini menjadi perhatian bagi kita sebagai aparatur pemerintah dan juga harus ada peran aktif tokoh agama untuk meminimalisir sehingga harapanya Kota Bogor menjadi nyaman tentram dan aman," tutur Wakil Wali Kota Bogor


Dedie menjelaskan, pemerintah saat ini hadir untuk memfasilitasi Pondok Pesantren dari sarana prasarana dan juga sumber daya manusianya (SDM) dengan ini harapannya para ulama tetap konsen untuk mewujudkan karakter santri yang berbudi pekerti siap berkhidmat untuk umat dan bangsa. 


"Peran umaro dan ulama saat ini harus terus digalakan agar tercipta Kota Bogor aman, nyaman dan tentaram, dan kami siap hadir memfasilitasi operasional Pondok Pesantren," Tegasnya. 


Selain itu, KH Abdurahman atau Kiai Adung selaku Pimpinan Pondok Pesantren Riyadhul Anam Al-Arfah berterima kasih kepada Wakil Wali Kota Bogor yang menyambangi dan bersilaturahmi. 


Ia mengutip hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:


عن أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ


Dari Anas bin Malik radhiyallohu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Barangsiapa suka dilapangkan pintu rizki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturrahim.


"Semoga silaturahmi ini menjadi keberkahan untuk kami selaku shohibul bait (tuan rumah) dan para hadirin yang hadir dari aparatur pemerintah terutama Kang Dedie Abdul Rachim selaku Wakil Wali Kota," pungkasnya yang juga selaku Rais Syuriah MWCNU Bogor Barat Kota Bogor. 


Perlu diketahui, dalam acara silaturahim tersebut dihadiri oleh Sekretaris kecamatan H Sihabudin, Lurah Sindang Barang kurniawati arik, Mia Sumiah Pengawas PAI, Babinsa, Babinmas, Sekretaris MWCNU Bogbar, dan tokoh masyarakat lainnya. Selain itu, Wakil Walikota Bogor tersebut merupakan salah satu alumni Pondok Pesantren Al Ghazaly yang saat ini dipimpin oleh KH Musthofa ABN sebagai Ketua MUI Kota Bogor dan Rais Syuriah PCNU Kota Bogor. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×