Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Dede Siti Aminah: Jadikan Sejarah Sumber Semangat dalam Perjuangan

Dede Siti Aminah: Jadikan Sejarah Sumber Semangat dalam Perjuangan
Konferancab PAC Fatayat NU Bogor Selatan. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).
Konferancab PAC Fatayat NU Bogor Selatan. (Foto: Abdul Mun'im Hasan).

Bogor, NU Online Jabar
Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Bogor Selatan menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) di Kampung Tematik Ciharashas Kota Bogor pada Rabu (23/2). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PC Fatayat NU Kota Bogor, Dede Siti Aminah, Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Bogor Selatan KH Misbahhudin dengat tema Regenerasi Kepemimpinan dengan Semangat Kemandirian, Solid serta Berdaya. 


Dalam sambutannya, Ketua MWCNU KH Misbahhudin mengungkapkan peran seorang wanita menjadi garda terdepan dalam mendidik dan mengajar. Sehingga, Islam amatlah menjunjung tinggi wanita.


Ia mengutip salah satu syair yang diungkapkan oleh ulama terdahulu:


الأُم مَدْرَسَةُ الْأُوْلَى, إِذَا أَعْدَدْتَهَا أَعْدَدْتَ شَعْبًا طَيِبَ الْأعْرَاقِ


"Ibu adalah madrasah yang pertama, jika kamu menyiapkannya, berarti kamu menyiapkan lahirnya sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya (Penyair Ahmad Syauqi) ​​​​​​".


Lalu, ia juga mengutip salah satu hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Jabir ra: 


خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ


"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)"


"Peran penting dari kehadiran seorang wanita akan memberikan banyak manfaat kepada keluarga, tetangga, hingga khalayak banyak. Maka yang demikian akan menjadikan generasi yang unggul, cerdas, berkarakter mulia, siap berkhidmat untuk kemaslahatan orang banyak," tutur Kiai yang juga alumni Cipasung tersebut.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Bogir Dede Siti Aminah mengungkapkan sejarah perkembangan Fatayat di Bogor Selatan.


"Kepada seluruh kader Fatayat NU Bogor Selatan Kota Bogor untuk menghargai proses, menjadikan sejarah sebagai pelajaran dan sumber semangat dalam perjuangan," ucap Alumni Pondok Pesantren Al-Aulia Cibungbulang.


Selain itu, Konferancab kali ini, R Laras Puteri Liviana terpilih kembali sebagai Ketua PAC Fatayat NU Bogor Selatan 2022-2026, setelah sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua di Periode 2018-2022.


"Kembali ke alam berarti kembali keajaran Alhlusunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang telah diajarkan oleh para alim ulama kita untuk merawat jagat dan membangun peradaban, menghijaukan kembali belajar bersama, berjuang bersama serta berproses bersama semoga Fatayat PAC Bogor Selatan dapat memberikan  kemaslahatan untuk umat," pungkasnya. 


Perlu diketahui, acara dimulai dengan lagu Indonesia Raya, Mars Ya Lal wathon, dan Mars Fatayat NU, dan diakhiri dengan doa bersama yang dipandu oleh Pengurus Fatayat NU PAC Bogor Selatan. Hadir pada acara Konferancab ke-2 Fatayat NU Bogor Selatan dihadiri oleh banyak kader dan Pengurus Fatayat NU se-Kecamatan Bogor Selatan. Selain itu, Konferancab ke-2 Fatayat NU Bogor Selatan Kota Bogor ini adalah agenda dari Fatayat PC Kota Bogor secara estafet selama satu bulan ini di beberapa Kecamatan Kota Bogor. 


Pewarta : Abdul Mun'im Hasan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×