Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Akar Perseteruan Umat

Akar Perseteruan Umat
(Ilustrasi: NUO)
(Ilustrasi: NUO)

Oleh: KH Husein Muhammad
Tadi pagi ada tamu. Kami ngobrol segala macam. Ujung-ujungnya soal perdebatan atau "perseteruan" umat Islam yang seperti tak pernah ingin berhenti dan terkait dan berputar-putar, dengan isu-isu yang usang, berabad-abad lampau. Sebagian mencaci maki yang lain, sebagian mensesatkan dan  sebagian mengkafirkan. Lalu apa sesungguhnya yang jadi akar utama hal ini?, kata teman tamu itu. Aku bilang ada banyak kemungkinan jawaban orang mengenai ini.

 

Ada karena kebodohan atau dibodohi atau diprovokasi oleh kelompok kepentingan, ada karena perebutan kekuasaan, pengaruh dan lain-lain. 

 

Tetapi ada jawaban lain yang sangat menarik, disampaikan oleh Umar bin Abdul Aziz, Amir Mukminin dari dinasti Umayyah. Ia berpendapat tentang apa sesungguhnya di balik perseteruan umat Islam, pada zamannya. Katanya :

 

ان هذه الأمة لم تختلف فى ربها ولا فى دينها ولا فى نبيها وانما اختلفت فى الدينار والدرهم

 

"Umat ini tidak berbeda pendapat tentang Tuhannya, keyakinannya dan Nabinya. Perseteruan antar mereka sejatinya karena soal uang dan uang". (Umar bin Abdul Aziz).

 

Sumber: FB Husein Muhammad

Terkait

Opini Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×