Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Asep Jamaluddin: Pengurus Harus Paham Sejarah NU

KH Asep Jamaluddin: Pengurus Harus Paham Sejarah NU
Prosesi Pelantikan PRNU se-Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. (Foto: A Roni).
Prosesi Pelantikan PRNU se-Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. (Foto: A Roni).

Bandung, NU Online Jabar
Bertempat di Pondok Pesantren Al-Ansor Margahayu Kabupaten Bandung, Kamis (30/12) Pengurus Ranting NU (PRNU) se-Kecamatan Margahayu resmi di lantik. Prosesi pelantikan dipimpin oleh Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Bandung H Imron Rosyadi sekaligus memberi arahan dan pembekalan nanti setelah pelantikan.

 

Ketua Panitia Den Ahmad mengungkapkan, pelantikan kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya.

 

"Karena kali ini tidak hanya di hadiri oleh Keluarga Besar MWC NU Kecamatan Margahayu, tapi juga unsur Pemerintah yaitu Camat Margahayu dan seluruh kepala desa. Mereka membantu dan mendukung suksesnya acara ini," tutur Den Ahmad.

 

Selaku pimpinan Pondok Pesantren Al-Ansor, K.H. Balukia Badruzaman, menyambut baik sebagai tuan rumah pelantikan ranting NU. "walaupun dulu tidak masuk pengurus tapi dari zaman dulu pesantren kita berahlussunah waljamaah," jelasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MWCNU Kecamatan Margahayu Ust Sugandi bersyukur dengan adanya pelantikan serentak ini. Menurutnya, kedepan NU di wilayah Margahayu bisa lebih berkembang dan di rasakan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat yang memiliki kultur tradisi NU, dan mempunyai manfaat dalam eksistensinya untuk Nahdliyyin khususnya, umumnya masyarakat luas.

 

"Sehingga NU yang mempunyai karakter tasamuh, tawasut,, tawazun dan 'itidal menjadi Islam yang rahmatal lil alamin," paparnya.

 

Ia berharap, lembaga-lembaga dan badan otonom yang ada di organisasi NU bisa diaktifkan dan dimaksimalkan. "Hal ini tentu demi menyebarkan dan membumikan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah," tutur Sugandi.

 

Selain itu, Camat Margahayu berterima kasih kepada semua pihak terutama NU karena berperan aktif dalam program vaksinasi Covid-19 yang sedang gencar gencar di laksanakan oleh pemerintah.

 

Perlu diketahui, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bandung KH Asep Jamaludin. Setelah Membaiat pengurus Ranting NU Se Kecamatan Margahayu, kiai Asep memberi tausyiah tentang pentingnya mengetahui sejarah dan makna lambang NU dan harus di ketahui oleh semua pengurus.

 

"Ada gambar bumi yang dikelilingi lima bintang di atasnya dan 4 dibawahnya, lalu peta Indonesia, tali yang mengelilingi bola dunia sebagai lambang persaudaraan. Ada juga dua simpul ikatan yang kesemuanya memiliki makna yang sangat dalam yang harus diketahui oleh semua pengurus," tandasnya.

 

Pewarta: A Roni
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×