Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Mustasyar PBNU: Jangan Mengadukan Kesulitan kepada Sesama Manusia

Mustasyar PBNU: Jangan Mengadukan Kesulitan kepada Sesama Manusia
Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubarak. (Foto: Ss FB Zakky Mubarak Syamrakh).
Mustasyar PBNU, KH Zakky Mubarak. (Foto: Ss FB Zakky Mubarak Syamrakh).

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Zakky Mubarak mengungkapkan, dalam menjalani proses kehidupan kita sering menjumpai dua hal, antara menyenangkan ataupun menyudutkan. Hal tersebut berdatangan silih berganti, baik itu hal yang menyenangkan, menyulitkan, mudah, ataupun susah.

 

Kiai Zakky mengutip salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Mas'ud bahwa apabila seorang itu mengadu kesulitan-kesulitannya kepada manusia, maka kesulitan itu tidak bisa diatasi.

 

"Tetapi kalau kita mengadu kepada Allah, kepada manusia kita diam, kepada Allah kita mengadu, maka Allah akan memberikan jalan kepada kita kemudahan, rizki, kedudukan dan lain sebagainya baik secara cepat maupun secara lambat, itulah janji dari Allah SWT​​​​​​​​​​​​​​ bahwa siapapun yang mengadukan hal-hal yang tidak menyenangkan kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan kepada orang tersebut," jelasnya dalam video berdurasi 02.46 menit yang diunggah kedala akun FB resmi Zakky Mubarak Syamrakh pada Selasa (25/1) lalu.

 

Tapi kalau kepada sesama manusia, sambungnya, maka kita akan jelek, dan akhirnya kita malah jatuh karena dikasihani, maka kita jaga diri.

 

"Jangan mengadu kepada seseorang, kita mengadu kepada Allah SWT​​​​​​​, ​​​​​​​memohon kepada Allah, maka kita akan diberikan jalan keluar yang sebaik-baiknya," ujarnya.

 

Kiai asal Cirebon tersebut juga menuturkan, apabila mengadukan semua kepada Allah SWT, maka kehidupan akan berjalan mulus dan tetap terhormat dalam kehidupan sehari-hari di mata orang lain atau sesama manusia.

 

Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×