• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Minggu, 23 Juni 2024

Nasional

KSM 2022, Kakanwil Kemenag Jabar Tegaskan Madrasah Sangat Kompetitif dan Jadi Pilihan Masyarakat

KSM 2022, Kakanwil Kemenag Jabar Tegaskan Madrasah Sangat Kompetitif dan Jadi Pilihan Masyarakat
KSM 2022, Kakanwil Kemenag Jabar Tegaskan Madrasah Sangat Kompetitif dan Jadi Pilihan Masyarakat
KSM 2022, Kakanwil Kemenag Jabar Tegaskan Madrasah Sangat Kompetitif dan Jadi Pilihan Masyarakat

Jakarta, NU Online Jabar
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat H Ajam Mustajam menyampaikan pesan Menteri Agama, bahwa madrasah tidak boleh lagi dianggap sebelah mata. Ia menilai, saat ini madrasah lebih unggul dari sekolah umum dan begitu banyak prestasi yang telah diraih oleh madrasah.


"Madrasah sangat kompetitif, kini lebih unggul dan jadi pilihan masyarakat," ungkapnya saat menghadiri kegiatan pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta pada Senin (10/10) lalu.


Ia juga mengingatkan bahwa Menag minta keunggulan yang telah diraih jangan membuat sombong, dan seharusnya membuat semakin terpacu untuk lebih maju. H Ajam mengungkapkan, Allah menciptakan makhluk hidup mulai titik nol, memberikan bekal mulai panca indera dan sebagainya untuk memberikan manfaat bagi yang lain.


“Belajar dan terus belajar. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan berikan manfaat kepada orang lain. Semoga ikhtiar kita senantiasa diridhoi Allah dan kita direstui untuk menjadi yang terbaik. Maju juara satu, dua atau tiga, yang penting sudah berikhtiar. Kalau sudah maksimal ikhtiarnya, insya Allah prestasi akan mengikuti,” tuturnya seperti yang dilansir dari Website Kanwil Kemenag Jabar.


Selain itu, H Ajam juga meminta agar madrasah tidak mengalah dengan keadaan, mengalah dengan sistem. Ketika pandemi Covid-19 datang secara tiba-tiba, tidak ada satupun yang mempersiapkan diri untuk belajar secara daring. Tapi karena keadaan mendesak dan memaksa, maka tidak ada satu pun sekolah madrasah yang berhenti belajar karena tidak bisa mengikuti keadaan. 


“Artinya kita punya kesempatan, punya potensi dan kita bisa meraih sesuatu yang lebih baik dari yang sekarang. Maka ayo kita coba, paksa sehingga kita bisa cerdas. Semuanya kita tidak ada yang sempurna. Maka daripada itu yang pintar segera transfer ilmunya, yang kurang segera bertanya. Jangan terlalu banyak pikiran, jangan terbebani untuk menjadi juara, tetapi ikhtiarkan,” katanya.  


Sebagai informasi, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang dibuka secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Pembukaan ditandai dengan meletakkan robot di atas panggung dan dilanjutkan atraksi para robot dengan mengusung tema "Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri."


Dalam kesempatan tersebut, Yaqut memaparkan sejumlah prestasi madrasah. Dalam satu tahun terakhir, madrasah berjaya pada momen Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).


"Pada urutan lima besar terbaik hasil rerata UTBK 2022, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Serpong menduduki peringkat pertama se Indonesia," ungkap Menag.


Terbaru, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang bahkan mencetak quintrick, lima kali berturut-turut menjadi peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) terbanyak. "Saya bangga. I'm so proud. Saranghaeyo," lanjutnya.


"Selamat mengikuti kegiatan KSM, Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES), dan Madrasah Expo Tahun 2022 di Jakarta. Selamat berkompetisi dengan sehat dan jangan lupa untuk bahagia," tandas Menag.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Nasional Terbaru