• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Kabupaten Tasikmalaya

Usai Dilantik, Kemenag Baru Tasikmalaya Langsung Sowan ke Sukahideng dan Cipasung

Usai Dilantik, Kemenag Baru Tasikmalaya Langsung Sowan ke Sukahideng dan Cipasung
Kepala Kemenag Kab. Tasikmalaya H Dudu Rohman dido'akan langsung oleh Pimpinan Pesantren Sukahideng, KH. Ii Abdul Basith saat sowan ke kediaman KH. Ii pada Kamis, (6/10).
Kepala Kemenag Kab. Tasikmalaya H Dudu Rohman dido'akan langsung oleh Pimpinan Pesantren Sukahideng, KH. Ii Abdul Basith saat sowan ke kediaman KH. Ii pada Kamis, (6/10).

Tasikmalaya, NU Online Jabar
Pasca dilantik menjadi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya yang baru pada Rabu (5/10), H Dudu Rohman langsung berkunjung untuk sowan ke Pondok Pesantren Sukahideng dan Cipasung. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Kemenag Kota Cimahi.


Dalam kesempatan tersebut, ia didampingi oleh Ketua Jami'yah Ahlith Thoriqoh Almu'tabaroh Annahdliyah (Jatman) Kabupaten Tasikmalaya, KH Muhammad An'am Nazily atau akrab disapa "A Aziel" menemui KH Ii Abdul Basith yang juga Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis (6/10).


Saat tiba di kediaman Kiai Ii, Dudu meminta doa agar mendapat kemaslahatan dan keberkahan di Kabupaten Tasikmalaya.


"Sengaja kesini dulu sebelum masuk kantor agar didoakan bapak dulu," katanya.


Dudu yang juga selaku Bendahara PCNU Kabupaten Tasikmalaya tersebut mengaku "joledar" (jarang ke Sukahideng) sejak ditempatkan di Cimahi. Ia jarang sekali mengikuti kegiatan NU yang disebabkan karena aktifitas di Cimahi.


"Sekarang sudah di Tasik, insya allah bisa aktif kembali bersama Bapak." ujarnya.


Menanggapi hal tersebut, KH Ii Abdul Basith mengatakan bahwa H Dudu adalah anak hilang. Pindahnya ke Kabupaten Tasikmalaya dan bersilaturahmi ke Sukahideng laksana anak sowan ke orang tua.


"Di Cimahi atau di Tasik juga sama. Karena di Cimahi pun banyak alumni Sukahideng. Terpenting jangan keluar dari sistem dan aturan Kemenag. Insya Allah semakin betah," kata Kiai Ii.


Setelah itu, kemudian Dudu mengunjungi Pesantren Cipasung untuk sowan ke KH Abun Bunyamin. Ia menyampaikan berkat perjuangan Kiai Abun lah dirinya bisa mutasi ke Kabupaten Tasikmalaya.
 

Ketua Jatman Kabupaten Tasikmalaya, A Aziel menyampaikan bahwa Dudu merupakan Dewan Pengawas Yayasan Galunggung. Sehingga, ia menilai sosoknya bisa mengurus Kemenag, NU, juga Pendidikan di Yayasan Galunggung.


"Reugreug sekarang mah karena kalau di Cimahi, serba terbatas akibat jarak. Kalau di Tasik bisa tiap hari bertemu," tuturnya.


A Aziel pun berpesan kepada H Dudu agar membangun Kemenag Kabupaten Tasikmalaya bukan secara fisik saja tapi rohani juga karena kunci beresnya persoalan umat oleh rohani yang bagus.


"Ya intinya Jatman siap bekerjasama dengan Kemenag dalam hal pembinaan kerohanian. Semisal nanti kita bikin Kemenag Tasik Berdzikir dan sebagainya," tutur A Aziel.


Sebelum pamitan, H. Dudu maupun A Aziel mendapat dido'akan khusus oleh KH. Ii dengan pegangan kepala penuh khidmat laksana orang tua ke anak.


Pewarta: Jani Noor
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Kabupaten Tasikmalaya Terbaru