• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Cirebon

Khusus Kabupaten Cirebon, JQHNU Buka Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria Dapat Intensif dari Dikdis

Khusus Kabupaten Cirebon, JQHNU Buka Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria Dapat Intensif dari Dikdis
Khusus Kabupaten Cirebon, JQHNU Buka Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria Dapat Intensif dari Dikdis. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan)
Khusus Kabupaten Cirebon, JQHNU Buka Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria Dapat Intensif dari Dikdis. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan)

Cirebon, NU Online Jabar
Dalam rangka komitmen memberantas buta huruf Al-Qur'an, Pimpinan Cabang (PC) Jamiyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Cirebon membuka seleksi pembimbing program Tahfizh Ceria.


Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi, nantinya akan bertugas untuk mengajarkan Tahfizh di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kabupaten Cirebon.


Penanggung jawab Program Tahfizh Ceria, Kiai Muhammad Mahdi Mujtahid menjelaskan, agenda tersebut sebagai bentuk ikhtiar JQHNU Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an bagi siswa-siswi SD Negeri di Kabupaten Cirebon.


"Nantinya para peserta yang lolos mempunyai misi mendidik anak SD agar bisa hafal juz 30," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Hamalatudzikra itu pada Jumat (29/3/2024).


Sosok yang juga menjabat Katib JQHNU Kabupaten Cirebon itu berharap, program Tahfizh Ceria mampu meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Qur'an di tingkat SD.


"Selain itu, diharapkan program tersebut mampu meningkatkan nilai karakter pelajar," katanya.


Senada dengan itu, Sekretaris JQHNU Kabupaten Cirebon, Muhammad Ainur Rofiq menyebut bahwa program Tahfizh Ceria memang diselenggarakan sebagai upaya untuk memberantas buta huruf Al-Qur'an sejak usia dini.


"Di samping itu juga sekaligus untuk meningkatkan spiritualitas dan memperkuat karakter peserta didik, serta merawat tradisi para ulama," ujar dewan asatiz Pondok Pesantren Bina Insan Qur'ani (BIQ) Susukan, Cirebon itu.


Ia menjelaskan, program tersebut diselenggarakan berkat kerja sama dengan sejumlah pihak, antara lain Dinas Pendidikan (Disdik) dan PCNU Kabupaten Cirebon.


"Selain itu, kami juga menggandeng Lembaga Dakwah PCNU Kabupaten Cirebon sebagai penanggung jawab seleksi Tahfizh Ceria," ucapnya.


Ia berharap, dengan adanya program tersebut Cirebon di masa depan bisa dipimpin oleh generasi muda yang akrab dengan Al-Qur'an dan memiliki integritas tinggi.


"Diharapkan juga peserta didik mempunyai jiwa yang pantang menyerah serta memiliki pedoman moral yang luhur sesuai nilai-nilai mulia Al-Qur'an," tandasnya.


Bagi masyarakat yang tertarik dengan program Tahfizh Ceria, harap memperhatikan persyaratan berikut:


Berkas Pendaftaran

1. Foto resmi setengah badan (format file jpg jpeg/pdf).
2. Salinan KTP (format file jpg/jpeg/pdf).
3. Salinan Kartu Keluarga (format file jpg/jpeg/pdf).
4. Salinan bukti hafalan Al-Qur’an (Surat Keterangan/Syahadah/Sertifikat) minimal juz 30 dari lembaga pendidikan Al-Qur’an (pesantren/rumah tahfizh) (format file jpg/jpeg/pdf).
5. Salinan surat rekomendasi dari Majelis Wakil Cabang (MWC) NU setempat sesuai contoh (format file jpg/jpeg/pdf).


Mekanisme Pendaftaran dan Seleksi Berkas

1. Peserta Seleksi mengisi formulir online & mengunggah 5 berkas yang tercantum pada poin I melalui link google form https://forms.gle/SiHLG8NaCUvas3KB6
2. Peserta yang telah mengisi formulir online akan dimasukkan ke dalam grup WA Peserta Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria, pastikan mencantumkan nomor WA yang aktif.
3. Pelaksanaan seleksi berkas/pengisian formulir dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret s.d. 5 April 2024.


Seleksi Wawancara 

1. Peserta yang lolos Seleksi Berkas akan diundang untuk mengikuti Seleksi Wawancara pada tanggal 7 April 2024.
2. Materi Seleksi Wawancara meliputi hafalan Juz 30, wawasan keislaman, dan kepribadian.
3. Tempat & teknis Seleksi Wawancara akan disampaikan melalui grup WA Peserta Seleksi Pembimbing Tahfizh Ceria.
4. Daftar Peserta yang lolos Seleksi Berkas & Wawancara akan disampaikan melalui Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Disdik Kabupaten Cirebon. Keputusan seleksi bersifat mengikat & tidak dapat diganggu-gugat. 


Hak dan Kewajiban Pembimbing Tahfizh Ceria

1. Melaksanakan bimbingan tahfizh Juz 30 dengan sasaran siswa SD Negeri.
2. Program Tahfizh Ceria akan berlangsung pada bulan Mei s.d. Oktober 2024 dengan target hafalan 1 juz (Juz 30).
3. Pembimbing ditugaskan di SD Negeri sesuai dengan domisili.
4. Jumlah jam mengajar maksimal setiap minggu 12 jam pelajaran.
5. Pembimbing berhak mengikuti program capacity building/Training of Trainer yang diadakan oleh PCNU Kabupaten Cirebon.
6. Pembimbing mendapatkan insentif setiap bulan sesuai ketentuan Disdik Kabupaten Cirebon.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi K Muhammad Mahdi Mujtahid (081324749955) atau Muhammad Ainur Rofiq (082366360000).


Pewarta: Sofhal Adnan


Kabupaten Cirebon Terbaru