• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Nasional

Kazakhstan Buka Beasiswa S1 Sampai S3 untuk Mahasiswa Mancanegara, Ini Syarat dan Ketentuannya

Kazakhstan Buka Beasiswa S1 Sampai S3 untuk Mahasiswa Mancanegara, Ini Syarat dan Ketentuannya
Kazakhstan Buka Beasiswa S1 Sampai S3 untuk Mahasiswa Mancanegara, Ini Syarat dan Ketentuannya
Kazakhstan Buka Beasiswa S1 Sampai S3 untuk Mahasiswa Mancanegara, Ini Syarat dan Ketentuannya

Bandung, NU Online Jabar
Pemerintah Kazakhstan melalui Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi membuka program beasiswa bagi mahasiswa mancanegara untuk program sarjana, magister, dan doktor.   


Melansir NU Online dari laman resmi Enic-Kazakhstan, pendaftaran beasiswa dibuka sejak 30 Maret 2023 hingga 30 Juni 2023. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan uang saku bulanan.   


Alokasi beasiswa yang disediakan sebanyak 550 bagi mahasiswa asing maupun orang berkebangsaan Kazakh yang bukan warga negara Republik Kazakhstan. Masing-masing program memiliki kuota. Kuota penerima beasiswa program sarjana sebanyak 490, program magister sebanyak 50, dan program doktor sebanyak 10.   


Para pendaftar harus mengisi data diri pada formulir di sistem pendaftaran beasiswa Kazakhstan. Setelahnya, pendaftar mengunggah persyaratan dokumen. Adapun persyaratan dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

 
  1. Kartu identitas (KTP/Paspor) 
  2. Ijazah pendidikan terakhir (sertakan transkip nilai jika ada) yang dilegalisir dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris/Kazakh/Rusia dengan penerjemah tersumpah  
  3. Motivational essay ditulis dalam Bahasa Inggris/Kazakh/Rusia (250-500 kata) 
  4. Surat rekomendasi dalam Bahasa Inggris/Kazakh/Rusia 
  5. Sertifikat kesehatan (AIDS, fluorografi) keluaran rumah sakit pemerintah setempat 
  6. Formulir pendaftaran 
  7. Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Kazakhstan (jika ada) 
  8. Sertifikat internasional yang menegaskan kemampuan bahasa asing untuk pelamar program magister dan doktor.  


Untuk Bahasa Inggris, silahkan lampirkan sertifikat IELTS/TOEFL IBT/TOEFL PBT. Untuk Bahasa Jerman, silakan lampirkan sertifikat DSH/TestDaf. Untuk Bahasa Prancis, lampirkan TFI/DELF/DALF/TCF.   


Semua ukuran dokumen persyaratan tidak melebihi 100mb. Beberapa dokumen yang akan disatukan dalam satu file dengan menggunakan format PDF.   


Pendaftar yang lulus tahap seleksi berkas, akan mendapatkan email berisi link untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni tes psikologi. Pengumuman hasil tes dijadwalkan keluar pada Juli 2023.   


Terakhir, pendaftar yang lolos tes psikologi, akan lanjut ke tahap tes wawancara menggunakan Zoom. Pengumuman akhir dijadwalkan keluar sebelum 28 Agustus 2023. Informasi mengenai alur tahapan seleksi bisa dicek di tautan berikut ini.


Program beasiswa ini tersedia di 36 universitas di Kazakhstan. Daftar pilihan universitas dan program studi bisa dilihat melalui tautan ini.


Editor: Abdul Manap


Nasional Terbaru