• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Bandung

Semarak Tutup Periode Kepengurusan, IPNU-IPPNU Pacet Gelar Kajian Berlian 2

Semarak Tutup Periode Kepengurusan, IPNU-IPPNU Pacet Gelar Kajian Berlian 2
​​​​​​​Menutup periode kepengurusan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, sukses menyelenggarakan Kajian Berbagi Kemuliaan di Bulan Ramadhan 2 (Berlian 2). (Foto: NU Online Jabar)
​​​​​​​Menutup periode kepengurusan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, sukses menyelenggarakan Kajian Berbagi Kemuliaan di Bulan Ramadhan 2 (Berlian 2). (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Menutup periode kepengurusan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, sukses menyelenggarakan Kajian Berbagi Kemuliaan di Bulan Ramadhan 2 (Berlian 2).

 

Kegiatan ini merupakan program kerja bersama IPNU-IPPNU Kecamatan Pacet dengan berlandaskan Almuhafadotu Ala Khodimis Sholih Wal Akhdzu Bil Jadihil Ashlah. 

 

Berbeda dari program lain, Berlian 2 ini terlaksana tanpa dana sedikitpun. Para anggota IPNU IPPNU Pacet berinisiatif membuat produk cemilan dan mengalokasikan labanya untuk kegiatan ini.

 

Kajian Berlian 2 ini merupakan program berkelanjutan dengan tema berbeda tiap periode. Pada periode sebelumnya, program ini bernama Pengajian Bulan Ramadhan (PANGANDARAN) yang digagas oleh Ketua PAC IPNU & IPPNU Periode 2021 – 2022, Rekan Yusuf Solihin, S.Pd dan Rekanita Pipih Faoziah.

 

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk syiar dakwah ala Pelajar Nahdlatul Ulama, mengkaji Keaswajaan, Fiqih dan Khazanah Mengenai Puasa, serta mewujudkan organisasi dalam hal kebersamaan anggota untuk menjadi ajang silaturrahmi Pelajar NU Pacet.

 

“Syukur Alhamdulillah saya banyak ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, dan khusus kepada anggota pelajar NU Kecamatan Pacet dan tamu undangan yang bisa mengunjungi serta hadir dalam Kajian Berlian yang terakhir Ini,” sambut Ketua Pelaksana kajian Berlian 2, Randi Kurniawan.

 

Deden Syamsu Romli selaku Ketua PAC IPNU Kecamatan Pacet menambahkan, “Saya sangat senang, dan terharu di penghujung kepengurusan saya bisa melaksanakan kajian ini dan saya banyak ucapkan terima kasih kepada anggota dan para pelajar NU Pacet bisa bekerjasama, berpartisipasi dan beriringan dalam Kajian Berlian 2 ini,” ujarnya.

 

“Saya harap kajian ini bisa di meriahkan lagi dan menarik dari segi isi kajian dan lainnya supaya kader kader IPNU IPPNU bisa terdidik dan menambah pengalaman,” tambah Syamsu.

 

Kajian Berlian 2 minggu ke 4 di bulan Ramadhan dihadiri oleh Anggota IPNU–IPPNU kecamatan Pacet, pembina, demissioner, sebagian santri Pondok Pesantren di kecamatan Pacet dan Pengurus IPNU kabupaten Bandung.

 

“Alhamdulillah Luar biasa untuk acara berlian, dan semoga ini menjadi dobrakan bagi pengurus cabang serta menjadi Inspirasi bagi PAC lain,” sahut Tantan Setiawan selaku Bidang Kaderisasi IPNU Kabupaten Bandung.

 

Acara Dimulai pada pukul 15.00 WIB diawali Gema Tadarus Al-Qur’an bersama pelajar NU Pacet serta di isi oleh KH Ruslan Faruq (MWCNU Pacet & Pimpinan Ponpes Syifaussalam) dengan judul “Pentingnya Memahami Amaliyah AnNahdliyah”. 

 

Acara ditutup dengan Buka Bersama dengan Pelajar NU Pacet serta di Akhiri oleh Pembagian Sertifikat & Kreasi Seni dan Hadroh.

 

Narasumber KH Ruslan Faruq memberikan tanggapan mengenai Kajian Berlian 2 ini.

“Kajian berlian ini sesuai dengan nama Berlian yaitu sesuatu berharga dan istimewa bagi pelajar NU khususnya. Saya harap orangtua hadir dalam kajian ini untuk membuat dan memperkokoh Chemistry antara orangtua dan Pelajar NU agar bisa merawat dan mengembangkan kegiatan Nahdlatul Ulama yang bermanfaat bagi umat dan warga NU bagi tiap tiap wilayah,” ujarnya.

 

Kegiatan Berlian 2 dalam 4 pertemuan di isi oleh narasumber yang berbeda dengan tema yang berbeda pula. Tema-tema tersebut meliputi Esensi Berpuasa, Batasan laki – laki dan perempuan dalam berjamiyyah, bincang kedisiplinan sebagai peningkat kualitas.


Kabupaten Bandung Terbaru