• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 5 Maret 2024

Kabupaten Bandung

HARI SANTRI NASIONAL 2022

Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Bandung 2022 Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Bandung 2022 Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan
Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Bandung 2022 Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. (Foto: NU Online Jabar/Bambang).
Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Bandung 2022 Bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. (Foto: NU Online Jabar/Bambang).

Bandung, NU Online Jabar

Bertempat dilapangan Upakarti Komplek Pemda kabupaten Bandung, PCNU kabupaten Bandung bersama seluruh pengurus Tanfidziyah, disertai dewan Mustasyar, Rais Syuriyah, Katib, A'wan, dan segenap Lembaga, Banom, serta segenap para Santri dari berbagai Pesantren datang  untuk  melaksanaan Apel Hari Santri  Nasional (HSN), Sabtu (22/10/2022).

 

Duduk dijajaran para tamu undangan para alim ulama, perwakilan ormas Islam, MUI, DMI, tokoh masyarakat, Kapolres Kabupaten Bandung, Komandan Danramil, Danlanud, serta, jajaran Forkopimda.

 

Upacara Hari Santri Nasional yang diselenggarakan untuk yang ke-8  di Kabupaten Bandung ini, dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Bandung sebagai pimpinan sekaligus inspektur upacara dengan komandan upacara Riki Subagja komandan Banser Rancaekek.

 

Dalam sambutannya Hari Santri Nasional yang diselenggarakan untuk yang ke-8 kalinya, setelah di canangkan ditetapkan oleh Presiden Jokowi tahun 2015, Bupati menitipkan pesan kepada para santri, terkait program, dan capaian Pemerintah daerah Kabupaten Bandung yang dipimpinnya, terkait;

 

1. Santri selalu terlibat aktif melawan penjajah.

 

2. Agama adalah mata air untuk menjaga dan menjungjung tinggi martabat kemanusiaan.

 

3. Santri selalu menjungjung tinggi nilai kemanusiaan

 

4. Menjaga martabat kemanusian adalah menjaga Indonesia.

 

5. Mengajak masyarakat Indonesia agar ikut merayakan hari santri.

 

6. Mendoakan para pahlawan, para pejuang, para santri yg telah gugur yang ikut berjuang di masa penjajahan.

 

Demikian pesan yang dibacakan oleh  Bupati, sebagai sambutan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

 

Dilanjutkan terakhir dengan pemberian beasiswa oleh Bupati untuk santri, dan juga penghargaan untuk para tokoh yang berprestasi, serta  dilanjutkan acara hiburan yang di isi oleh Lesbumi sebagai salah satu lembaga di PCNU.

 

Dari info yang di sampaikan oleh Bendahara PCNU, Dadang Munawar, terkait penyenggaraan hari santri ini awal hari santri Nasional di Kabupaten Bandung diselenggarakan di wilayah Gading Tutuka untuk yang pertama, kemudian jalan baru Majalaya, lalu di daerah  Bojongsoang, setelah itu di Lapangan Upakarti, Lapangan Yon Zipur Dayeuhkolot, lapangan Upakarti, dan di lapangan Upakarti kembali pada peringatan Hari Santri Nasional untuk hari ini.

 

Pewarta: Bambang Melga Suprayogi 
Editor: Agung Gumelar


Kabupaten Bandung Terbaru