• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Cianjur

HARI SANTRI NASIONAL 2022

Meriah, 20 Ribu Santri Cianjur Kompak Ikuti Karnaval Hari Santri Nasional 2022

Meriah, 20 Ribu Santri Cianjur Kompak Ikuti Karnaval Hari Santri Nasional 2022
Meriah, 20 Ribu Santri Cianjur Ikuti Karnaval Hari Santri Nasional 2022
Meriah, 20 Ribu Santri Cianjur Ikuti Karnaval Hari Santri Nasional 2022

Cianjur, NU Online Jabar
Sebanyak 20 ribu lebih santri Cianjur dari berbagai lembaga pendidikan dan keagamaan mengikuti acara karnaval yang diselenggarakan PCNU dan Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Sabtu, (22/10). Dalam pantauan media, para peserta karnaval berjalan beriringan dari Lapang Prawatasari (Joglo) - Jalan Pangeran Hidayatullah - Jalan Siliwangi - Belakang Pendopo - Kaum Kidul - Cimaya - Suge Jalan Taifur Yusuf - RS Bhayangkara dan Finish di Gerbang Alun Alun Utara sebelah Timur.


Acara Karvanal Santri ini dibuka langsung oleh Bupati Cianjur, didampingi Ketua Tandfidziyah PCNU Cianjur, Ketua DPRD Cianjur, dan Kapolres Cianjur di Lapang Prawatasari (Joglo) dan berakhir di Alun-Alun Utara. Nampak hadir juga Habib Alwi bin Alwi Al-Habsyi, Katib Syuriyah PCNU Cianjur, KH Pipin Aripin, jajaran Mustasyar dan Tanfidziyah PCNU Cianjur, Ketua MUI Cianjur, KH Abdul Rouf, Polres Cianjur, Kodim Cianjur, Kemenag Cianjur, beserta unsur Forkopimda lainnya.


Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur Kiai Endang Badru Zaman sebagai panitia karnaval mengatakan, selepas dibuka, para peserta berjalan dengan penuh semangat menyusuri jalan protokol dengan meneriakkan yel-yel dan nyanyian hari santri yang dikawal ketat pihak Kepolisian, Banser, Pagar Nusa, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.


"Sesampainya di Alun-Alun, para peserta karnaval diarahkan ke Stand Pesantren Expo yang menyuguhkan produk dan program PCNU Cianjur dan UMKM yang sedang digelar selama 17 hari sejak 10 Oktober 2022 hingga 27 Oktober 2022," katanya kepada wartawan.


Menurutnya, berdasarkan informasi dari panitia pendataan RMI NU, tercatat ada sekitar dua puluh ribu lebih santri dari berbagai kecamatan yang mengikuti dan memeriahkan karnaval HSN 2022 ini.


"Rinciannya yaitu 20 ribu lebih santri, terdiri atas 176 lembaga yang berasal dari pesantren, majlis ta'lim, sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sederajat, mahasiswa dan 27 Marcing Band," terangnya.


Kiai Endang menyampaikan, pihak panitia juga telah menyiapkan berbagai doorprize dan hadiah menarik untuk pemenang karnaval dalam kegiatan Hari Santri Nasional 2022 Kabupaten Cianjur.


“Hadiah utama yang sudah disiapkan oleh panitia adalah tiket umroh gratis, kulkas, sepeda, TV, kipas angin, dan doorprize lainnya,” ungkapnya menjelaskan.    


Khusus untuk hadiah umroh, Kiai Endang menuturkan bahwa pihak panitia memprioritaskan hadiah tersebut bagi santri sebagai kado di momentum peringatan Hari Santri Nasional ini.


“Dan tentunya karena ini merupakan Hari Santri Nasional, maka panitia mencoba bagaimana hadiah utama santri adalah tiket berangkat umroh,” tandasnya menutup percakapan.


Seperti diketahui, HSN  yang telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015, bahwa setiap tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan tersebut merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad NU" yang berisi fatwa kewajiban berjihad membela dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. 


Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahunnya rutin digelar peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".


Tema tersebut bermakna bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif di setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia berkhidmat untuk agama, bangsa dan negara.


Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Cianjur Terbaru