Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Upaya Bentuk Karakter Penuh Tanggung Jawab Bagi Pelajar Muda NU, MTs al-Ma’arif Karangampel Gelar Demo Ekstrakurikuler

Upaya Bentuk Karakter Penuh Tanggung Jawab Bagi Pelajar Muda NU, MTs al-Ma’arif Karangampel Gelar Demo Ekstrakurikuler
Foto siswa-siswi dan para guru MTs Al-Ma'arif Karangampel Indramayu. (Foto: NUJO)
Foto siswa-siswi dan para guru MTs Al-Ma'arif Karangampel Indramayu. (Foto: NUJO)

Indramayu, NU Online Jabar
Madrasah Tsanawiyah (MTs) al-Ma’arif Karangampel sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU, memiliki tugas berat dan begitu banyak. Di samping memberikan pengetahuan kepada para siswa, MTs al-Ma’arif Karangampel juga bertanggung jawab untuk membentuk karakter yang kuat bagi para pelajar muda NU.

 

Pada Selasa (19/07), MTs al-Ma’arif Karangampel menggelar demo ekstrakurikuler di lapangan utama MTs al-Ma’arif Karangampel. Kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan salah satu kegiatan yang ada di MTs al-Ma’arif Karangampel.

 

“Kegiatan demo ekstrakurikuler ini dilakukan setiap tahun ajaran baru, pada penutupan acara MATSAMA sebagai ajang pengenalan salah satu kegiatan ekstra yang ada di MTs al-Ma’arif Karangampel," ucap Dewi Kusniyati, Kesiswaan MTs al-Ma’arif Karangampel.

 

Pada dasarnya dalam acara tersebut, madrasah berusaha memberikan edukasi kepada para siswa yang menjadi generasi muda Nahdlatul Ulama untuk aktif dalam segala kegiatan yang bernilai positif. Sebab, ladang untuk berdakwah sangat begitu luas.

 

“Selain sebagai ajang pengenalan, kegiatan demo ekstrakurikuler ini juga sebuah upaya membentuk karakter pelajar muda NU yang kuat dan bertanggung jawab serta siap menghadapi tantangan di luar sana," imbuh Dewi.

 

Menurut Dewi, tanggung jawab seorang pelajar bukan hanya sebatas mendapatkan dan mengamalkan ilmu yang didapat dari madrasah. Namun, punya tanggung jawab moral, dalam bentuk berani mengambil langkah ke depan dan menghadapi tantangan yang ada dengan ilmu yang didapat dari madrasah.

 

“Di era digital seperti ini terkadang ada sebagian anak yang hidupnya hanya rebahan menikmati hiburan di handphone tanpa berani turun ke lapangan, ikut aktif dalam kegiatan dan belajar menjadi pribadi yang bertanggung jawab," ucap Ovi Lalita selaku pembina Paskibra dan Pramuka.

 

“Maka kegiatan demo ekstrakurikuler seperti ini sebagai upaya untuk membangun semangat pelajar muda Nahdlatul Ulama dalam bersosial. Jangan jadi pemuda yang hidupnya hanya dihabiskan untuk malas-malasan, tanpa mau ikut kegiatan yang manfaatnya sangat banyak," tegas Ovi Lalita.

 

Pewarta: Zakki Sayyidi
Editor: Agung Gumelar

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×