Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Nahdliyin Peringati Haul ke-70 Mbah Syamsuri Ma'sum, Tokoh Penyebar Islam di Indramayu

Nahdliyin Peringati Haul ke-70 Mbah Syamsuri Ma'sum, Tokoh Penyebar Islam di Indramayu
Nahdliyin Peringati Haul ke-70 Mbah Syamsuri Ma'sum, Tokoh Penyebar Islam Lokal Indramayu.
Nahdliyin Peringati Haul ke-70 Mbah Syamsuri Ma'sum, Tokoh Penyebar Islam Lokal Indramayu.

Indramayu, NU Online Jabar
Nahdliyyin Blok Lungsalam Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu menggelar Haul ke-70 Mbah Syamsuri Ma'sum pada (29-30/09/2022) bertempat di Maqbaroh Mbah Syamsuri Ma'sum. Abdul Mannan mewakili tuan rumah menyampaikan dalam kesempatannya tentang pentingnya masyarakat memperingati Haul tersebut.


"Ada 3 hikmah tentang pentingnya manusia memperingati Haul yaitu mengingatkan manusia akan kehidupan yang sementara, keteladanan yang dapat manusia ambil dari kisah seseorang yang diperingati haulnya, dan Haul dapat mempersatukan umat beragama, tentunya tiga hal ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan beragama," katanya. 


H Munadi selaku tokoh Nahdliyyin Nlok Lungsalam menyampaikan sekilas tentang Mbah Syamsuri Ma'sum. 


"Kiai Ma'sum Lungsalam memang tidak banyak terekspos dalam literatur sejarah. Namun ini menjadi penting karena beliau menjadi tokoh utama dalam penyebaran agama khususnya di Blok Lungsalam. (Saat) pertama menduduki Blok Lungsalam, beliau membuat sumur, jolang, musholla dari kayu/amben, dan rumah. Itulah awal mula beliau memutuskan untuk menetap di Blok Lungsalam dan menyebarkan agama Islam. Namun tidak tercatat secara pasti periode sejarah Kiai Ma'sum," ujarnya.


Ia juga menambahkan soal perhitungan Haul tersebut. "Haul ke-70 yang diperingati masyarakat dihitung dari putra pertama Kiai Ma'sum yaitu Kiai Syamsuri yang wafat pada 1951. Sedangkan menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Kiai Syamsuri sezaman dengan Mbah Hasyim Asy'ari. Sejarah ini memang sejarah lisan yang turun temurun, namun masyarakat Blok Lungsalam setiap tahun selalu memperingati Haul Mbah Syamsuri Ma'sum dan almarhumin yang diyakini sebagai ladang keberkahan bagi masyarakat setempat," tuturnya. 


Istighosah yang dipimpin oleh kiai pondok pesantren babakan ciwaringin cirebon di antaranya KH Rahmat Jauhari Makhtum, KH Zamzami Amin, KH Marzuki Ahal, dan KH Hamam Syaerozi berjalan khidmat. 


Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Haul meliputi Pertunjukan Bola Api, Ceramah Agama, dan Istighosah Kubro dan ditutup dengan doa. 


Kegiatan Haul ini dihadiri oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukagumiwang, Jamiyyah Nahdliyyin se-Kecamatan Sukagumiwang, dan badan otonom NU yang lain.


Pewarta: Dewi Raudlatul Jannah
Editor: Ari AJ/MRF

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×