Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Mahasiswa dan Pelajar NU Gerakkan Literasi Masyarakat Sukagumiwang

Mahasiswa dan Pelajar NU Gerakkan Literasi Masyarakat Sukagumiwang
Mahasiswa dan Pelajar NU Gerakkan Literasi Masyarakat Sukagumiwang. (Foto: Dewi RJ).
Mahasiswa dan Pelajar NU Gerakkan Literasi Masyarakat Sukagumiwang. (Foto: Dewi RJ).

Indramayu, NU Online Jabar
Mahasiswa dan Pelajar Nahdlatul Ulama Bentuk Komunitas Literasi Janggar Pustaka di Blok Wideng Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Komunitas ini baru saja menggelar pelatihan melukis untuk anak-anak Madrasah Ibtidaiyah Wideng pada Minggu (26/06).


Kegiatan pelatihan ini berkolaborasi dengan seluruh elemen komunitas literasi kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon seperti Nyekar Pustaka, Rumah Baca Gembira, Kabinet Djondol, Perpustakaan Alif, dan lainnya. 


Kepala Madrasah Ibtidaiyah Wideng, Daryono, menyampaikan bahwa gerakkan literasi yang diadakan Komunitas Literasi JanggarPustaka adalah kegiatan yang sangat baik. 


"Apalagi anak-anak sedang libur, jadi meminimalisir penggunaan ponsel yang berlebihan pada anak. Karena kegiatannya diisi oleh mahasiswa dan pelajar, jadi anak juga pastinya akan belajar banyak dari mereka," ungkapnya. 


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Mannan, Ali, juga menyampaikan hal yang senada dengan. Ia menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat.


"Kolaborasi yang sangat baik, antara mahasiswa dan pelajar Nadlatul Ulama yang membawa kepentingan pendidikan di wilayah ini, semoga kegitan ini bisa berkelana ke mana-mana dan menebar manfaat untuk semua kalangan anak-anak NU,"ujarnya. 


Sementara itu mewakili komunitas, Salman Alfarisi, menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan bulanan literasi Kabupaten Indramayu, dan Janggar Pustaka menjadi tuan rumah pada kesempatan di bulan ini. 


"Kegiatan padang wulanan ini konsisten dilakukan oleh komunitas literasi di Kabupaten Indramayu, dan tepat di bulan Juni, Janggar Pustaka menjadi tuan rumah, dan kami memilih mengadakan pelatihan melukis untuk anak-anak, agar mereka mampu menuangkan isi pikiran dan daya kreativitas ke dalam karya yang indah,"ungkapnya. 


Kegiatan ini ditutup oleh pagelaran seni yang diisi oleh mahasiswa dan pelajar Nahdlatul Ulama dan berkolaborasi dengan pemuda setempat. 


Pewarta: Dewi Raudlatul Jannah
Editor: Duljani

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×