Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Buka Program Kuliah Kelas Khusus Ansor, Gus Farhan: Pendidikan Itu Investasi Masa Depan Manusia

Buka Program Kuliah Kelas Khusus Ansor, Gus Farhan: Pendidikan Itu Investasi Masa Depan Manusia
Buka Kelas Khusus Ansor, Gus Farhan: Pendidikan Itu Investasi Masa Depan Manusia. (Foto: Rusman N).
Buka Kelas Khusus Ansor, Gus Farhan: Pendidikan Itu Investasi Masa Depan Manusia. (Foto: Rusman N).

Sukabumi, NU Online Jabar
Dalam rangka memperkuat kaderisasi, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sukabumi membuka Program Kuliah Kelas Khusus Ansor yang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Masthuriyah dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. 


Ketua GP Ansor Kabupaten Sukabumi, Farhan Zayyid, menuturkan, awal tercetusnya ide tersebut pada saat dirinya bincang-bincang dengan ketua STAI Al-Masthuriyah, KH Abubakar Sidik terkait Ansor dan gerakan organisasi. “Dari obrolan itu, karena kita punya visi misi meningkatkan kapasitas dan kualifikasi kompetensi kader, disambut oleh kang bakang untuk membuka kelas khusus kader Ansor untuk S1 yang dikhususkan untuk jurusan KPI,” tuturnya kepada NU Online Jabar saat di wawancara, Kamis (31/3) lalu.


Pria yang akrab disapa Gus Farhan tersebut menjelaskan, kepentingan kader itu untuk mendakwahkan ke-NU-an dan ke-Aswajaan. Ia mengaku, pihaknya juga telah melakukan MoU dengan STAI Al-Masthuriyah terkait kelas khusus tersebut dan kedepan akan ada evaluasi serta tidak menutup kemungkinan akan dibuka juga jurusan yang lain.


“Untuk yang kuliah itu awalnya kita hanya membuka untuk kader dilingkungan kabupaten Sukabumi saja. Akan tetapi jika ada (dari cabang lain) yang mau, dengan syarat ada surat rekomendasi dari cabangnya,” jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Gus Farhan mengungkapkan, pendidikan itu merupakan investasi bagi masa depan manusia. 


“Selama ini kita hanya berfikir investasi itu hanya materi, usaha, padahal Pendidikan itu investasi, kesehatan itu investasi. Apalagi, ditambah dengan Kondisi hari ini, kualifikasi sarjana itu akan membuka lebih banyak pintu kesempatan. Jadi, semakin banyak kader yang punya kemampuan itu otomatis image organisasi juga akan naik,” jelasnya. 


“Kader itu akan bermanfaat ketika dia punya kompetensi,” tegas Gus Farhan.


Sebagai informasi, tahun 2022/2023 ini Program Kuliah Kelas Khusus Ansor merupakan angkatan kedua. Untuk persyaratan untuk mengikuti Program Kuliah Kelas Khusus GP Ansor Kabupaten Sukabumi tersebut yakni:
 

  1. Legalisir Ijazah SMA sederajat
  2. Mengisi formular pendaftara
  3. Foto Copy KTP & KK
  4. Foto 3x4 (2 lembar) dan 4x6 (2 lembar)
  5. Memiliki tekad yang kuat untuk mau belajar dan mencari ilmu sampai selesai
  6. Mendapat rekomendasi dari PAC GP Ansor setempat


Untuk waktu pendaftarannya:
 

 
  1. Gelombang I : 14 Maret-14 Mei 2022
  2. Gelombang II: 1 Juni – 13 Agustus 2022


Lalu, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0857-5920-9223 (Rusman N)


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×