• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Hikmah

KOLOM BUYA HUSEIN

Perempuan Indah yang Mengesankan

Perempuan Indah yang Mengesankan
Perempuan Indah yang Mengesankan
Perempuan Indah yang Mengesankan

Kemarin, aku hadir di acara International Summit of Religious Authorities (ISORA). (27.11.2023) Bertempat di sebuah hotel nan amat megah, berbintang 6, Jakarta. Di sana aku bertemu banyak sekali tokoh dunia dari berbagai agama. Ini pertemuan luar biasa. Membincang situasi kemelut dunia yang sarat konflik dan tragedi Kemanusiaan yang mengerikan. Para pembicara sepakat mengecam keras aksi-aksi kekerasan dan pembunuhan terhadap siapapun atas nama apapun.


Aku segera mengingat kata-kata indah ini :


الاديان كلها طرق للفضيلة والصلاح والوءام والعدل والرحمة والمحبة والسلام لاللفساد والجهل والظلم والافتراق والبغضاء والعنف وهذا هو الغرض من الاديان 


"Semua agama hadir untuk membimbing manusia ke jalan hidup utama, menciptakan kehidupan sosial yang baik dan persaudaraan, keadilan, kasih sayang dan cinta bukan untuk menciptakan kerusakan, membodohi, permusuhan, saling membenci dan kekerasan. Ini adalah tujuan semua agama."


Agama hadir untuk mempersatukan dan mempersaudarakan umat manusia bukan untuk menceraiberaikan dan menciptakan permusuhan. 


Usai sesi presentasi, aku diajak mas Ulil Absar Abdallah, makan siang bersama para tokoh dunia itu di sebuah ruang makan khusus. 


Sesudah itu aku bertemu dengan dua orang perempuan cantik dan keren : Ning Ienas dan Maria Fauzi. Dan aku bersama kiai Abdul Hakim atau akrab dipanggil Gus Kikin. Lalu kami Selfi berempat. 


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Hikmah Terbaru