• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Hikmah

KOLOM BUYA HUSEIN

Kiat Menjadi Kaya dan Sejahtera

Kiat Menjadi Kaya dan Sejahtera
Kiat Menjadi Kaya dan Sejahtera
Kiat Menjadi Kaya dan Sejahtera

Kemarin di Salatiga di hadapan para mahasiswa perguruan tinggi Islam, menyampaikan pengantar dialog. Antara lain tentang negara sejahtera.


Legatum Istitute mencatat setidaknya ada tujuh negara yang bisa dikatakan negara paling makmur di dunia.


Denmark merupakan negara yang paling makmur di dunia pada tahun ini. Skornya mencapai 84,55 poin. Urutan kedua diikuti oleh Swedia dengan skor indeks kemakmuran mencapai 83,67 poin. Setelahnya ada Norwegia dengan skor indeks kemakmuran sebesar 83,59 poin.


Negara Asia juga tidak ada yang masuk dalam tujuh daftar negara termakmur.


Seorang santri bertanya: Doa apa ya yang mereka baca?. Yang bisa menjamin orang menjadi kaya raya, rizkinya banyak dan bahagia?.


Aku hanya bilang: Hari-hari ini kita menyaksikan dan mendengar pidato para ahli pidato yang menawarkan doa-doa yang menjamin orang yang membacanya pasti kaya dan masuk sorga. Lalu aku mengatakan : "apa yang kita peroleh adalah hasil kerja-kerja serius dan sungguh-sungguh kita : kerja fisik, intelektual dan spiritual. Itulah Keadilan Tuhan. Wallahu A'lam.


Boleh jadi kiat itulah yang dilakukan oleh bangsa-bangsa di negara-negara sejahtera itu. Aku tidak tahu apakah mereka yang sekuler itu berdoa. Demikian juga kesuksesan Cina, yg dikenal sebagai negara komunis itu.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Hikmah Terbaru