• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Kamis, 22 Februari 2024

Hikmah

KOLOM BUYA HUSEIN

Dunia Menyambut Rekomendasi NU

Dunia Menyambut Rekomendasi NU
Dunia Menyambut Rekomendasi NU
Dunia Menyambut Rekomendasi NU

Di momen 1 abad NU di Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur yang spektatuler, menggetarkan dan mengharu biru itu aku bertemu banyak sekali teman-teman cendikia, ulama, kaum intelek yang keren-keren, dari dalam negeri dan dari manca negara. Kami berbincang dan bercanda ria dengan mereka.


Topik paling sering adalah tentang masa depan dunia. Satu hal yang penting, mereka berharap rekomendasi- rekomendasi NU yang luar biasa, yang dibacakan Gus Mus disambut hangat dan penuh sukacita oleh negara-negara di dunia dan oleh mereka yang berpikir serta yang merindukan "persatuan, kedamaian dan cinta".


Mereka juga berharap para ulama, intelektual muslim dan para santri di seluruh pondok pesantren melakukan kajian kontekstualisasi atau rekontekstualisasi atas teks-teks keagamaan yang menjadi rujukan keagamaan, dengan menjadikan prinsip-prinsip kemanusiaan atau yang populer disebut "Maqashid al Syariah"sebagai basis analisis.


Lalu dalam perteman dengan Prof. Dr. Mujiburrahman, rektor Univ. Antasari, Banjarmasin, Prof. Dr. Danial, rektor Univ. Malikussaleh. Lhokseumawe, Aceh dan para cendikia NU yang lain, aku membaca puisi ini :


لقد كنت قبل اليوم أنكر صاحبي
إذا لم يكن ديني إلى دينه داني ..
لقد صار قلبي قابلا كل صورة
فمرعى لغزلان، ودير لرهبان ..
وبيت لأوثان وكعبة طـائف
وألواح توراة ومصحف قرآن ..
أدين بدين الحب أنى توجهت
ركائبه فالحب ديني وإيماني. -


Prof. Mujiburrahman sambil melenggang berteriak dengan tangan menunjuk ke arahku : "Itu di Tarjuman al Asywaq". Karya Al Syeikh al Akbar, Muhyiddin Ibnu Arabi.


Dan aku pun mengacungkan ibu jari sambil berteriak: Cerdas. Keren. Selamat.


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Hikmah Terbaru