• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Sukabumi

Halal Bihalal Jadi Cara PCNU Kabupaten Sukabumi Rekatkan Sinergitas Jam'iyyah

Halal Bihalal Jadi Cara PCNU Kabupaten Sukabumi Rekatkan Sinergitas Jam'iyyah
Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi Saat Menghadiri Halal Bihalal PCNU Kab. Sukabumi. (Foto: NU Online Jabar).
Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi Saat Menghadiri Halal Bihalal PCNU Kab. Sukabumi. (Foto: NU Online Jabar).

Kabupaten Sukabumi, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi menggelar acara Halal Bihalal pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Aula Gedung PCNU, Jalan Kadilupugur, Cijalingan, Sukabumi, pada Sabtu (20/04/2024). Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi KH ES Mubarok mengatakan bahwa halal bihalal tahun 2024 mengusung konsep kebersamaan. 


Kiai yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Yaspida Sukabumi tersebut juga menegaskan, Halal bihalal tersebut dijadikan sebagai konsep sinergitas jam'iyah, untuk meringankan segala bentuk tugas dan kerja organisasi dengan kebersamaan.


“Dalam penekannya itu pertama kita ingin menjadikan satu konsep kebersamaan, yang disebut dengan sinergisme jam'iyah, artinya adanya kebersamaan diantara pengurus, kebersamaan tokoh, Kebersamaan dengan Pemipinan Pemerintah, DPR, Aparat TNI/Polri dan semua pihak untuk membangun daerah dengan kebersamaan,” bebernya.


“Penekanan kebersamaan, artinya dengan adanya kebersamaan tentunya kita akan mudah melakukan dan menjalankan segala apapun termasuk kerja-kerja jamiyah,”tambahnya.


Karena itu, dalam agenda yang rutin digelar setiap tahunannya, halal bihalal PCNU Kabupaten Sukabumi menjadikan ruang jumpa antara pengurus NU di setiap level, lembaga dan banom serta pihak lainnya termasuk pemerintah.


Menurut tokoh yang biasa akrab disapa kiai Ece ini, NU merupakan tempat berteduh semua lapisan, tidak ada batas bagi siapapun. Jangankan muslim, non Muslim juga bisa berteduh di NU. Karena, NU ada untuk membangun tatanan rahmatan lil alamin.


“Sehingga apa yang dilakukan NU itu, pertama NU selalu menjadi uswah (teladan), menjadi suri tauladan. Yang kedua NU harus membangun persaudaraan dengan siapapun, NU harus membangun Amaliyah eksis kerja. Yang ketiga harakat pergerakan,” tandasnya.


Untuk diketahui, acara Halal bihalal diikuti oleh pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Lembaga dan Banom, serta Nahdliyin lainnya. Selain halal bihalal, juga digelar sosialisasi hasil Musyawarah Kerja Cabang 1 masa khidmat 2023-2028 agar program kerja yang sudah disusun dipahami secara menyeluruh.


Kabupaten Sukabumi Terbaru