• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Garut

Peduli Palestina, MWCNU Leuwigoong Garut Kumpulkan Donasi Sebesar Rp 34 Juta

Peduli Palestina, MWCNU Leuwigoong Garut Kumpulkan Donasi Sebesar Rp 34 Juta
Peduli Palestina, MWCNU Leuwigoong Garut Kumpulkan Donasi Sebesar Rp 34 Juta
Peduli Palestina, MWCNU Leuwigoong Garut Kumpulkan Donasi Sebesar Rp 34 Juta

Garut, NU Online Jabar
Sikap saling tolong menolong dan empati terhadap penderitaan orang lain termasuk salah satu inti dari ajaran Islam. Terlebih kepada mereka yang sedang dilanda konflik peperangan seperti halnya di Palestina, pemenuhan akan kebutuhan hidup menjadi suatu hal yang sangat mendesak. 


Merespon hal tersebut, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut berhasil melakukan penggalangan dana sebesar Rp. 34.830.000,. yang didapat dari sumbangan seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Leuwigoong. Donasi untuk meringankan penderitaan kaum muslimin di Palestina itu langsung diberikan pihak MWCNU Kecamatan Leuwigoong kepada lembaga penyalur donasi Palestina tingkat daerah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut. 


Selain itu, sebelumnya MWCNU Kecamatan Leuwigoong pun secara seremonial menyerahkan secara simbolik penggalangan dana tersebut kepada Camat Leuwigoong. 


Saat dihubungi NU Online Jabar melalui sambungan telepon, Sabtu (9/12/2023), Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Leuwigoong Ajengan Dudang menyampaikan dasar penggalangan dana itu adalah sebagai bagian bentuk simpati, empati dan dukungan solidaritas rasa kemanusiaan kepada sesama umat Islam di Palestina.


"Kami sosialisasikan dulu kepada masyarakat untuk peduli kepada mereka yang sedang dilanda penderitaan akibat konflik peperangan dan kemanusiaan. Alhamdulilah dana dapat terhimpun secara spontanitas saat diadakan acara aksi solidaritas seruan untuk Palestina," ucapnya. 


"Dana itu bersumber dari semua pihak termasuk perorangan, para majelis taklim, para kepala desa, aparatur pemerintahan di wilayah Kecamatan Leuwigoong, dan sumber lainnya. Bahkan yang lebih mengharukan ada sebuah DKM yaitu DKM Asholahuddin yang berani menyiapkan minuman kopi, minuman ringan untuk anak-anak, serta air mineral dengan porsi ribuan yang disediakan untuk warga," tambah Ajengan Dudang. 


Sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan pengalangan dana untuk Palestina, Ajengan Dudang berharap semua pihak yang telah menyumbangkan sebagian hartanya mendapatkan balasan terbaik dari Allah SWT


"Atas nama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pengurus MWCNU Kecamatan Leuwigoong, kami apresiasi kerja keras warga masyarakat Leuwigoong yang sangat antusias bisa hadir untuk beristighotsah dan berdonasi kepada sesama umat Islam di Palestina. Semoga kebaikan dan perhatian ibu/bapak mendapatkan balasan pahala yg berlipat ganda dari Allah AWT," tandas ajengan yang juga sebagai ketua MUI Kecamatan Leuwigoong itu.  


Garut Terbaru