• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Taushiyah

RAMADHAN

Kultum Ramadhan: Orang Yang Memiliki Derajat Tinggi di Sisi Allah

Kultum Ramadhan: Orang Yang Memiliki Derajat Tinggi di Sisi Allah
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)
Ilustrasi. (Foto: NU Online/freepik)

Setiap manusia Setiap orang pasti mengharapkan dia punya kedudukan yang tinggi, setiap orang mengharapkan dia memiliki derajat yang luhur sehingga setiap orang berusaha untuk mendapatkan itu dengan berbagai caranya masing-masing. Namun. sesungguhnya apa yang bisa membuat kita menempati derajat yang tinggi? tentunya terutama derajat yang tinggi di hadapan Allah Swt.


Dalam hal ini Rasulullah Saw pernah bersabda sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: 


حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ جَمِيعًا عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ فَذَلِكُمْ الرِّبَاطُ. (رواه مسلم)


“Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah serta Ibnu Hujr semuanya dari Ismail bin Ja’far, Ibnu Ayyub berkata, telah menceritakan kepada kami Ismail telah mengabarkan kepada kami Al Ala’ dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. telah bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?” Mereka menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Menyempurnakan wudhu pada saat yang tidak disukai (seperti keadaan yang sangat dingin), banyak berjalan ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah shalat. Maka itulah ribath.” (HR. Muslim)


Kata nabi yang dapat menghapuskan dosa-dosa yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa dan angkat mengangkat derajat seseorang adalah yang pertama yaitu dia menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin.


Seringkali di pagi hari dalam keadaan dingin terlebih lagi saat cuaca sedang dingin seringkali kita enggan untuk berwudhu atau kalaupun berwudhu kita berwudhu dengan sekadarnya tanpa menyempurnakan wudhu tersebut. Padahal ketika di pagi hari yang dingin lalu kita berwudhu dengan menyempurnakan wudhu, itu akan menjadikan Allah Swt menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan akan mengangkat setinggi-tingginya derajat kita.


Kedua, amalan yang dengannya Allah akan menghapuskan kesalahan dan akan mengangkat derajat seseorang adalah bersabar atas sesuatu yang tidak ia senangi. Termasuk mungkin diantaranya melaksanakan ibadah, melaksanakan kebaikan adalah sesuatu yang terkadang tidak kita senangi karena memang demikianlah.


Rasul pun mengatakan bahwa jalan ke surga itu dipagari dengan sesuatu yang membuat seseorang tidak senang, tetapi kata nabi siapa yang bersabar atau sesuatu yang tidak dia senangi maka itu akan menyebabkan Allah menghapuskan dosa-dosanya dan Allah akan mengangkat derajatnya.


Ketiga, memperbanyak langkah menuju ke masjid. Dalam artian bahwa dia rajin pergi berjamaah shalat di masjid maka itu akan mengangkat derajat seseorang.


Keempat, selalu menunggu shalat setelah dia shalat artinya dia selalu merindukan shalat, dia selalu menunggu datangnya waktu shalat. Itulah empat hal yang dengannya Allah Swt akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan seseorang yang mampu melaksanakannya akan Allah tinggikan derajatnya.


Semoga kita semua diberi hidayah taufiq dan hidayah oleh Allah diberi kemudahan oleh Allah untuk menjalankan empat kebaikan ini yaitu menyempurnakan wudhu, bersabar atas segala sesuatu yang tidak kita senangi, memperbanyak langkah ke mesjid dan kita selalu menunggu datangnya waktu shalat.


Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah Swt. wallahu a’lam,...


Sumber: Youtube NU Jabar Channel


Taushiyah Terbaru